Kamis, 17 November 2016

Harga uang kuno

Apa saja yang mempengaruhi harga suatu uang kuno?


Banyak orang beranggapan bahwa semakin tua usia atau semakin besar nominal suatu uang tentu semakin mahal harganya. Hal ini tidak sepenuhnya benar, banyak sekali hal-hal yang berpengaruh terhadap harga suatu uang kuno. Akan kita bahas satu persatu.


Pertama tentu saja kelangkaannya, semakin langka suatu barang tentu semakin mahal harganya.
Contoh pecahan 10 dan 25 rupiah seri Hewan 1957 yang hanya beredar beberapa hari sebelum ditarik kembali. Pecahan ini berharga jauh lebih mahal dibandingkan pecahan2 lain yang lebih tua atau lebih besar nominalnya.
Contoh lain adalah pecahan 500 rupiah seri Bunga 1959, berharga beberapa kali lipat dibandingkan pecahan terbesarnya yaitu 1000 rupiah.
Patut diingat bahwa hampir semua pecahan 500 rupiah berharga lebih tinggi dibandingkan pecahan2 lainnya dalam seri yang sama, hal ini disebabkan karena pecahan 500 rupiah lebih langka ditemukan dibandingkan pecahan lainnya.
Contoh berikutnya adalah variasi nomor seri, dalam pecahan yang sama bila variasi nomor serinya berlainan maka harganyapun jadi berlainan pula.



Kedua adalah kondisi atau kualitas uang tersebut, seperti diterangkan di depan bahwa terdapat berbagai tingkat kualitas uang kuno, dari poor sampai dengan UNC. Dapat saya ilustrasikan bila kualitas uang tersebut naik satu tingkat maka harganyapun naik satu setengah sampai dua kali lipat

Saya sertakan contoh harga dari uang seri Hewan 1957 pecahan 500 rupiah (macan).

Kondisi UNC berharga tidak kurang dari Rp.6 juta
Kondisi AU berharga sekitar Rp.4 juta
Kondisi XF berharga sekitar Rp.3 juta
Kondisi VF berharga sekitar Rp.2 juta
Kondisi F berharga sekitar Rp.750 ribu
Kondisi VG berharga sekitar Rp.400 ribu
Kondisi G berharga sekitar Rp.200 ribu
Kondisi poor berharga sekitar Rp.100 ribu

Semua kondisi yang ada pada uang tersebut akan berpengaruh langsung terhadap harganya. Misalnya jika pada uang tersebut terdapat lubang staples, noda bekas karat atau pernah dimodifikasi dalam bentuk apapun maka harga uang tersebut menjadi lebih rendah.
Modifikasi atau rekondisi pada uang kertas lazim dilakukan oleh para penjual atau kolektor, bermacam2 tindakan dapat dilakukan untuk memperbaiki uang kertas, beberapa diantaranya adalah:
1. mencuci dengan cairan kimia khusus untuk menghilangkan noda atau kotoran pada uang
2. memberikan tekanan atau press untuk menghilangkan lipatan halus
3. menambal bagian yang hilang atau robek baik dengan uang yang sejenis maupun dengan yang lain
Semua tindakan rekondisi harus disebutkan sewaktu uang tersebut akan dijual sehingga pembeli tidak akan merasa tertipu. Kepada para kolektor pemula harap berhati-hati bila membeli uang kertas yang berwarna beda atau mempunyai bau tertentu, sangat mungkin uang tersebut telah di permak sehingga seakan-akan menjadi lebih bersih dan lebih bagus padahal uang2 yang telah di modifikasi ini mempunyai nilai jual yang lebih rendah dan sebaiknya tidak di koleksi karena akan menurunkan kualitas koleksi kita.





Ketiga adalah tempat, waktu dan jumlah pembelian. Bila membeli di lelang atau di pameran tentu saja berharga lebih mahal bila dibandingkan di kaki lima. Demikian juga bila kita membelinya dengan nafsu atau terburu-buru maka sangat mungkin harga yang kita dapatkan menjadi lebih tinggi bila dibandingkan jika kita membelinya dengan santai dan sambil tawar menawar. Membeli langsung dari kolektor bisa lebih murah bila dibandingkan membeli dari penjual. Membeli dari orang yang butuh uang juga pasti akan lebih murah. Membeli dalam jumlah besar alias borongan bisa mengakibatkan harga menjadi lebih murah. Membeli dari orang yang tidak tahu harga bisa menyebabkan harga suatu uang menjadi sangat-sangat murah.
Membeli dari luar kota atau luar negeri harus diperhitungkan ongkos kirim dan resiko kehilangannya. Membeli dari teman belum tentu lebih murah dibandingkan dari orang lain, bisa saja teman tersebut sengaja mengelabui kita.

Begitu banyak kemungkinan yang bisa terjadi, maka sebagai seorang kolektor kita dituntut untuk sabar, rajin berburu, rajin belajar dan banyak bergaul dengan kolektor2 lainnya juga kita harus menguasai perkiraan harga dan perkiraan kualitas suatu barang (grading), supaya tidak terjebak dengan harga yang mahal atau dengan kualitas yang kurang baik. Ingat hobby numismatik adalah hobby seumur hidup, tidak usah terburu-buru apalagi sampai mengganggu uang dapur.


Faktor berikutnya adalah variasi dari uang tersebut. Yang dimaksud variasi disini bukan hanya variasi nomor seri tetapi lebih dari itu. Uang yang sama tetapi memiliki nomor seri yang berbeda akan menyebabkan harga yang berbeda pula.
Contoh

1. Bila uang tersebut mempunyai nomor seri 000000 (Specimen)


Bentuk SPECIMEN suatu uang kertas dapat terdiri dari beragam jenis.
- Jenis yang termahal dan terlangka adalah yang bernomor seri 000000 atau 012345
- Jenis kedua biasanya disebut SPECIMEN jalan, bernomor seri biasa tetapi terdapat cap SPECIMEN


2. Bila uang tersebut mempunyai nomor seri yang cantik misalnya 123456 atau 888888





3. Bila uang tersebut mempunyai nomor seri abjad/prefik tertentu misalnya AAA, ABC, BBB




4. Bila uang tersebut mempunyai nomor seri tanggal tertentu seperti 170845
5. Bila uang tersebut mempunyai nomor seri yang bisa dibaca sesuai nama misalnya JON1
6. Bila uang tersebut mempunyai nomor seri pengganti yaitu dimulai dengan abjad X


Seri pengganti, selalu dimulai dengan abjad X


7. Bila uang tersebut mempunyai nomor seri berurutan beberapa lembar
Misalnya bila satu lembar UNC pecahan 1000 rupiah Kebudayaan berharga Rp.2 juta maka 2 lembar UNC yang berurutan dari pecahan yang sama bisa berharga Rp.5 juta





Semakin langka uang tesebut, semakin sukar mendapatkan beberapa lembar yang urut nomor. Seperti beberapa contoh di bawah ini :



Wayang 25 gulden urut nomor 3 lembar



Wayang 5 gulden urut nomor 10 lembar.
Biasanya uang2 yang berurutan nomornya mempunyai kualitas yang baik, sehingga harga jualnya pun juga tinggi. Uang2 yang berurutan nomornya sering disebut sebagai running number atau consecutive number.


8. Bila ada kondisi2 khusus pada uang tersebut, seperti:
- Ada tanda tangan orang2 penting (Presiden, gubernur bank, dll)
- Ada stempel tertentu seperti PRRI, Tidak berlaku, dan lainnya


Stempel TIDAK BERLAKU akan menaikkan harga uang RIS


Stempel PRRI menyebabkan harga uang menjadi jauh lebih murah


- Ada folder atau kemasan tertentu yang menyertainya.


- Ada variasi warna yang tidak semestinya, bukan manipulasi tetapi asli dari percetakan

Uang yang atas mempunyai warna yang tidak umum (biru) bandingkan dengan uang yang normal (hijau)


- Kesalahan cetak (Misprint) atau kesalahan potong (Miscut), semakin besar kesalahan yang didapatkan semakin mahal harganya.


Miscut. Perhatikan ada buntut di sisi kanan bawah.




Misprint. Tinta luber sehingga wajah pahlawan menjadi tidak jelas.
9. Emisi atau tahun penerbitan tertentu mempunyai harga yang berbeda. Contoh pecahan 100 rupiah kapal layar tahun 1992, emisi tahun 1992 mempunyai harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan emisi tahun2 lainnya.

Begitu banyak hal-hal yang berpengaruh terhadap harga suatu uang, sehingga kita dituntut selalu jeli. Dalam menilai suatu uang pertama kali perhatikan keasliannya, lalu kualitasnya, variasi tanda tangan, nomor seri, tahun emisi dan lain sebagainya termasuk adakah tanda2 uang tersebut dimanipulasi atau tidak. Semua ini membutuhkan pelajaran dan pengalaman, maka jangan sungkan untuk bertanya kepada yang lebih tahu.

Berikut saya tuliskan harga uang kertas Indonesia menurut buku Katalog Uang Kertas Indonesia edisi 2005. Harga tercantum bukanlah harga mati tetapi lebih merupakan patokan agar kita mempunyai perkiraan yang mendekati. Beberapa jenis uang kertas harga pasarannya bisa melampaui harga katalog, demikian juga sebaliknya. Harga pertama adalah untuk kondisi fine, kedua untuk very fine dan ketiga untuk UNC.

Contoh:
261. Bunga 5 rupiah : 500,1000,5000

Artinya:
Angka 261 adalah nomor urut menurut katalog
Bunga 5 rupiah adalah deskripsi atau jenis uang yang dimaksud
500, 1000, 5000 adalah harga uang tersebut dalam rupiah masing2 untuk kondisi fine,VF dan UNC.
.
HARGA UANG KERTAS INDONESIA MENURUT KUKI 2005
1950 Republik Indonesia Serikat
222. 5 rupiah : 15000, 100000, 350000
223. 10 rupiah: 15000, 100000, 250000
1951 Pemandangan Alam I
224. 1 rupiah : 2000, 5000, 20000
225. 2,5 rupiah : 2000, 5000, 20000
1952 Seri kebudayaan
226. 5 rupiah : 1 huruf : 30000, 100000, 300000
2 huruf dan 3 huruf : 25000, 50000, 150000
227. 10 rupiah : 15000, 25000, 80000
228. 25 rupiah : 30000, 75000, 300000
229. 50 rupiah : 30000, 175000, 450000
230. 100 rupiah : 30000, 100000, 400000
231. 500 rupiah : 30000, 100000, 500000
232. 1000 rupiah : 100000, 400000, 800000
1953 Pemandangan Alam II
233. 1 rupiah : 2000, 5000, 25000
234. 2,5 rupiah : 2000, 5000, 30000
1954 Suku Bangsa I
235. 1 rupiah : 1000, 2000, 10000
236. 2,5 rupiah 2000, 3000, 15000
1956 Suku Bangsa II
237. 1 rupiah : 500, 1000, 4000
238. 2,5 rupiah : 500, 1000, 5000
1957 Seri Hewan
239. 5 rupiah : 1 huruf : 20000, 175000, 400000
2 huruf dan 3 huruf : 10000, 40000, 100000
240. 10 rupiah : non specimen : 3 juta, 4 juta, 10 juta
specimen : 2 juta, 3 juta, 7 juta
241. 25 rupiah : non specimen : 3 juta, 4 juta, 15 juta
specimen : 2 juta, 3 juta, 7 juta
242. 50 rupiah : 1 huruf : 25000, 150000, 450000
2 huruf : 20000, 100000, 350000
243. 100 rupiah : 1 huruf : 25000, 250000, 700000
2 huruf dan 3 huruf : 20000, 80000, 300000
244. 500 rupiah : 1 huruf : 300000, 1 juta, 3 juta
2 huruf : 300000, 500000, 1,5 juta
245. 1000 rupiah : 1 huruf : 200000, 700000, 2,5 juta
2 huruf : 150000, 600000, 1,5 juta
246. 2500 rupiah : 1 huruf : 500000, 1 juta, 5 juta
2 huruf 4 angka : 100000, 400000, 1,5 juta
2 huruf 5 angka : 100000, 300000, 1 juta
1958 Seri pekerja I
248. 5 rupiah : 1000, 1500, 5000
249. 10 rupiah : 1000, 1500, 5000
250. 25 rupiah : 1000, 5000, 25000
251. 50 rupiah : 150, 5000, 50000
252. 100 rupiah : 1500, 5000, 20000
253. 500 rupiah : 100000, 400000, 1 juta
254. 1000 rupiah hijau : 10000, 25000, 150000
255. 1000 rupiah coklat : 10000, 30000, 250000
256. 5000 coklat : 25000, 100000, 800000
257. 5000 ungu : 20000, 100000, 550000
1959 Seri Bunga
258. 5 rupiah : 1 huruf : 500, 1000, 30000
2 huruf dan 3 huruf : 500, 1000, 5000
259. 10 rupiah : 1 huruf : 5000, 10000, 50000
2 huruf dan 3 huruf : 500, 1000, 5000
260. 25 rupiah : 1 huruf : 5000, 20000, 150000
2 huruf dan 3 huruf 3000, 10000, 40000
261. 50 rupiah : 1 huruf : 5000, 20000, 200000
2 huruf dan 3 huruf : 5000, 10000, 75000
262. 100 rupiah : 1 huruf : 25000, 250000, 400000
2 huruf dan 3 huruf : 5000, 10000, 30000
263. 500 rupiah : 1 huruf 4 angka : 200000, 1,6 juta, 2,5 juta
1 huruf 5 angka : 150000, 500000, 1,5 juta
2 huruf dan 3 huruf : 30000, 200000, 750000
264. 1000 rupiah : 1 huruf : 100000, 500000, 2 juta
2 huruf dan 3 huruf : 20000, 100000, 400000
2 huruf di atas 1 huruf : 15000, 30000, 300000
1960 Seri Sandang Pangan I
265. 1 rupiah (petani) : 500, 2000, 15000
266. 2,5 rupiah (kebun jagung) : 500, 2000, 15000
1960 Seri Sukarno
267. 5 rupiah : 7500, 15000, 30000
268. 10 rupiah : 7500, 15000, 35000
269. 25 rupiah : 1 huruf : 50000, 150000, 300000
2 huruf dan 3 huruf : 20000, 60000, 100000
270. 50 rupiah : 1 huruf : 25000, 100000, 300000
2 huruf dan 3 huruf : 20000, 75000, 100000
271. 100 rupiah : 10000, 150000, 250000
272. 500 rupiah : 1 huruf Sukarno: 200000, 1,5 juta, 2,5 juta
2 huruf dan 3 huruf Sukarno : 125000, 400000, 800000
3 huruf banteng : 100000, 300000, 700000
3 huruf garuda : 200000, 1,5 juta, 3,5 juta
273. 1000 rupiah : 1 huruf : 200000, 1 juta, 3,5 juta
2 huruf dan 3 huruf : 125000, 600000, 1,5 juta
1961 Sukarno Borneo
276. 1 rupiah : 50000, 75000, 200000
277. 2,5 rupiah : 50000, 75000, 200000
1961 Seri Sandang Pangan II
278. 1 rupiah (petani) : 300, 500, 5000
279. 2,5 rupiah (kebun jagung) : 300, 500, 5000
1963 Pekerja Tangan II
280. 10 rupiah (pemahat patung) : 1000, 2500, 10000
1964 Seri sukarelawan
281-285 satu sen s/d 50 sen : 500 (baca: 500 rupiah perlembar UNC)
1964 Sukarno
286. 1 rupiah : 5000, 7500, 25000
287. 2,5 rupiah : 5000, 10000, 30000
1964. Seri Pekerja Tangan III
288. 25 rupiah : 2000, 3000, 15000
289. 50 rupiah : 2000, 3000, 15000
290. 100 rupiah merah : 1500, 3000, 20000
291. 100 rupiah biru : 5000, 10000, 40000
292. 10000 rupiah merah : 20000, 150000, 400000
293. 10000 rupiah hijau : 10000, 50000, 100000
294. 10000 rupiah garuda : 25000, 100000, 400000
1968 Seri Sudirman
295. 1 rupiah : 1000, 3000, 10000
296. 2,5 rupiah : 1000, 3000, 10000
297. 5 rupiah : 1000, 3000, 15000
298. 10 rupiah : 1000, 3000, 20000
299. 25 rupiah : 2000, 5000, 30000
300. 50 rupiah : 2500, 7500, 35000
301. 100 rupiah : 3000, 7000, 35000
302. 500 rupiah : 15000, 40000, 75000
303. 1000 rupiah : 10000, 50000, 100000
304. 5000 rupiah : 2 huruf : 80000, 300000, 850000
3 huruf : 50000, 250000, 700000
305. 10000 rupiah : 2 huruf : 30000, 300000, 800000
3 huruf : 30000, 250000, 600000
1975
310. 1000 rupiah Diponegoro : 10000, 25000, 70000
311. 5000 rupiah nelayan : 15000, 100000, 250000
312. 10000 rupiah barong : 50000, 350000, 600000
1977
313. 100 rupiah badak : 500, 3000, 7500
314. 500 rupiah anggrek : 1000, 5000, 30000
1979
315. 10000 gamelan : 10000, 20000, 75000
1980
316. 1000 rupiah Soetomo : 1000, 1000, 15000
317. 5000 rupiah pengasah intan : 5000, 5000, 50000
1982
318. 500 rupiah bunga bangkai : 500, 500, 5000
1984
319. 100 rupiah burung dara : 100, 100, 2000
1985
320. 10000 rupiah Kartini : 10000, 10000, 35000
1986
321. 5000 rupiah Teuku Umar : 5000, 5000, 25000
1987
322. 1000 rupiah Sisingamangaraja : 1000, 1000, 5000
1988
323. 500 rupiah rusa : 500, 500, 5000
1992
324. 100 rupiah perahu layar : 100, 100, 2000
325. 500 rupiah orang utan : 500, 500, 4000
326. 1000 rupiah lompat batu : 1000, 1000, 10000
327. 5000 rupiah sasando : 5000, 5000, 25000
328. 10000 rupiah hamengkubuono : 10000, 10000, 35000
329. 20000 cendrawasih : 20000, 20000, 35000
1993
330. 50000 rupiah Suharto : 50000, 50000, 100000
331. 50000 rupiah Suharto plastik : 50000, 50000, 110000
1995
332. 20000 rupiah cendrawasih : 20000, 20000, 50000
333. 50000 rupiah Suharto : 50000, 50000, 90000
1998
334. 10000 rupiah Tjut Nyak Dhien : 10000, 10000, 20000
335. 20000 rupiah KH Dewantara : 20000, 20000, 30000
336. 50000 rupiah WR Supratman : 50000, 50000, 70000
337. 100000 rupiah Sukarno Hatta plastik : 100000, 100000, 200000

146 komentar:

eko19 mengatakan...

Wah.. Jadi Tertarik ikutan koleksi Uang Kuno... Dulu udah pernah dapet tuh yang salah motong sama salah waRNA... tAPI GAK tAU KALO TU MAHAL...

a@nk Unique mengatakan...

Akhirrrrnya datang Juga!!!.....satu situs uang kuno yang Full Colour penuh warna oleh uang2 kertas negeri tercinta qta,Indonesia ! Wawasan aank jadi tambah banyak khususnya uang2 yang ga umum..(Misprint,Unik dll)..coz da bbrpa koleksi qu yg beda dari biasanya gt dech, Ada Rp50.000 WR supratman No Serinya Diatas kiri kanan,Rp.50.000 Soeharto'93 No seri atas angkanya hanya 4 digit....skr hatiqu mantabbb bahwa itu uang asli bukan palsu !!!. makasih banyak p'arifin.Sukses www.uang-kuno.com

Ismail mengatakan...

Waahhh... jadi makin bertambah pengetahuan tentang Uang...
Kebetulan ada yang sama koleksinya dengan punya saya..

Salam.

helmie mengatakan...

kalau harga2 dari KUKI 2010..bisa saya lihat dimana ya? Seandainya ingin pesan berapa harga KUKI 2010? terimakasih..

Unknown mengatakan...

makasih atas infonya... Nambah ilmu saya tentang uang numismatik

Armawaty mengatakan...

apakah uang dengan seri x (pengganti) punya harga lebih mahal ya dok...soalle sy punya 10rb yg serinya x dng no urut sekitar 50 lembar

jual antik tubagus mengatakan...

Wah makin lengkap info saya tentang uang lama.saya punya banyak tapi ga tau spesifikasi kelas-kelasnya.saya punya uang soekarno dan sudirman 1set.1rp-1000rp.tanks pak info,

Jonson Sirait mengatakan...

mantap...
Thanks for info na...

zaenalmaarif mengatakan...

Tambah pengetahuan nieh, terima kasih

efrisae mengatakan...

mantap...saya cuma ada koleksi uang koin kuno tahun 1857,1/10 G th 1910,1/4 G th1912,5 C th 1913,1 cent 1914,2 1/2 Cent th 1920,1 G th 1929,1/2 G th 1930,2 1/2 th 1932,1/10 G th 1937,1 G th 1939,1.2 cent th 1945,1 Cent berlobang th 1945 dan Rp.10 th 1971 ukuran kecil.

nurul mengatakan...

pak sy pny uang
Rp100 th1984 no seri CYU288883
th1992 no seri JHT262626,PARO44618,GUE080968,XWQ228216
Rp1000 th1992 no seri XNY136379,OPN599005
itu termasuk no cantik ato bkn,n laku ndak pak?
mohon jawabannya di 085725581983,terimakasih.

titi suhaya mengatakan...

saya punya uang Rp.100.000 yang huruf abjad pertamanya x

Najeeb Alee mengatakan...

Saya punya pecahan rp.100 gmbar perahu dgn no.seri xlv270180 kondisi lumayan bgus. Yng laennya ad 8 lbr tpi no.seri acak. Ada yng mau membeli? Telp081559907193. Tks.

Choky Adriano mengatakan...

GAn kalo harga uang logam yang Rp.50 yang tahun 1971 yang gambar burung berapa harganya yaa.. mohon infonya ya gan

sunarto mengatakan...

yang jelas harga uang kuno selalu naik....

welih still own mengatakan...

Saya punya uang koin perak
Tahun 1939 1 G..
Masih laku tidak boss..??
Kalau masih laku.
Tolong kabarin saya di NO
081285930171

anonymous mengatakan...

Apakah uang lama satu rupiah tahun 1968 ada yang bernomor seri 000000 (Specimen)??

David Mahendra mengatakan...

Saya punya uang 500 rupiah orang utan,100 rupiah tahun 1992,dan 1000 tahun 1992 ap msh laku untuk di jual?
Kalau msh laku mau saya jual

sunarto mengatakan...

uang lama uang lama Rp 25 pekerja sekarang harga pasarannya berapa ya..?

heriy mengatakan...

uang lama seratus rupiah bunga kira-kira laku berapa ya..?

heriy mengatakan...

Aku punya uang lama Rp 100 tahun 1968

heriy mengatakan...

uang kuno 500 rupiah 1982 harga pasarannya sekarang berapa ya?

heriy mengatakan...

Saya punya uang kuno 500 rupiah 1992

anonymous mengatakan...

saya punya uang kuno 5000 Rupiah Teuku Umar

anonymous mengatakan...

saya memiliki uang lama 20.000 Rupiah Cendrawasih

sunarto mengatakan...

yang digunakan sebagai sampul buku katalog uang kertas 2010 itu uang lama 20.000 Rupiah Cendrawasih tahun 1992 atau yang tahun 1995?

sunarno kopral mengatakan...

Saya pumya koin gambar ayam jago,klo di jual laku brpa ya...

dewi marlina mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anggina Descaprita mengatakan...

Om doctor..saya punya uang Rp.25 thn 1959..gambarnya lucu..dan tahun itu kebetulan tahun kelahiran alm.mama saya...kira2 ada lg gk uang dtahun tersebut yg mw jual???
saya butuh jawaban..
thx om doctor ;)

Darus mengatakan...

Mamaku punya uang indonesia abad 16, koin, kira2 dihargai brapa?

pury rahayu mengatakan...

Artikel tentang harga uang kuno yang sangat menarik dan bermanfaat bagi pecinta uang kuno

ibnu shaleh mengatakan...

gan ane mau jual uang koin ane nih 1 album terdiri dari 10 negara , barang masih terawat ane jual 2jt terdiri dari 93 koin ,ane jual dengan alasan ane bingung tuh uang mau ane kemanain ,tolong bantu ya gan nego tipis,jika minat sms/wa ane 087776326096.makasih

Kindy Endey mengatakan...

Kok ga ada yg dari tahun 47?
Saya punya uang 5 rupiah tahun 47..yg mengesahkan masih mentri keuangan

Hamidz El Barca mengatakan...

Aku pernah punya 100 ribu soekarno hatta plastik, kondisi masih bagus.. Di pinjem temen sampai skrg gak dibalikin.. Dan skrg sdh lost contact :(

Ahmad Sudrajat Bastian mengatakan...

Yng punya web ini. Saya minta pin bb nya

dr. Arifin mengatakan...

Silahkan hubungi saya di arifindr@gmail.com atau di 08159988188

Riswan Eka Febrianto mengatakan...

Ane punya uang kuno 10rupiah tahun 1958 laku ga yah

j fanther mengatakan...

di fb y mau borongn 083895439054

j fanther mengatakan...

di fb y mau borongn 083895439054

sastra diono mengatakan...

Memang keren keren duit kuno indonesia berbagai macam taun keluaran ,saya juga punya tu duit kuno tiga lembar thn 1958 pecahan Rp 100,duit bung karno semua bisa gulung, trus juga ada duit pecahan Rp 100 yang gambar perahu layar ada 20 lembar,kl minat hub .08127336260

Ika Mardiah mengatakan...

Saya punya dua keping koin 1 Gulden Wilhelmina. Terawat. Berminat?

archel emeraldy mengatakan...

Saya punya 6 lmbr uang 1 rupiah thn 1956, 2 lmbr uang 10 rupiah thn 1959, 1 lmbr uang 5 rupiah, dan 2 lmbr uang 1000 rupiah thn 1992.. Apa ada yg minat??

adhelia percetakan mengatakan...

Saya Mau cari uang 50 ribu rupiah yang polymer
kalau ada hub. 085270195777

syaf rizal mengatakan...

Saya punya uang kertas 100 rupiah tahin 1992 gambar perahu pinishi. Minat hub 081314281779

Dick Meriana mengatakan...

Dear Pencinta uang kuno,

Saya punya uang kertas 1rupiah keluarkan tahun 1954 dan uang kertas 25 rupiah dan 50 rupiah keluarkan tahun 1964.
Semua kondisi sangat baru. Brapa nilai uang rupiah Dear Pencinta uang kuno,


Tahyuddin A.Roja182 mengatakan...

Pak saya punya uang kertas 100 rupiah tahun 1992 gambar perahu pinisi Nmr serinya FR0230897 tlng f hungi ia pak kalo perlu 085200054286 makasi sebelumnya

Tahyuddin A.Roja182 mengatakan...

Pak saya punya uang kertas 100 rupiah tahun 1992 gambar perahu pinisi Nmr serinya FR0230897 tlng f hungi ia pak kalo perlu 085200054286 makasi sebelumnya

Tahyuddin A.Roja182 mengatakan...

Pak saya punya uang kertas 100 rupiah tahun 1992 gambar perahu pinisi Nmr serinya FR0230897 tlng f hungi ia pak kalo perlu 085200054286 makasi sebelumnya

SAEPI SAEPUWLLOH mengatakan...

Yg mau beli mana !??

adirakreditmobil mengatakan...

ternyata lumayan juga yah harga uang kuno, pantesan aja banyak yang nyari dan jual yah
kredit mobil bekas

Supriadi Pratama mengatakan...

Klo boleh tau dimana tmpat penukaran uang lama?Berapa harga pembelian untuk uang 100rupiah thn 1992 dan 1984?

andriyan riyansyah mengatakan...

Saya mau jual 100 rupiah perahu layar 1992 ad 2.

Real Julia mengatakan...

Saya punya uang 100pl thn 1992 2 lembar ber urutan
1 : AYO176635
2 : AYO176636

Uang 2rb thn 2015
1 : WPP987862
2 : WPP987863

Ada lagi uang 100pl Thn 92
No seri : XCO200624

sisanya 2 lembar 100pl thn 92
1 : AYO176630
2 : AYO176632

Real Julia mengatakan...

Kalau minat hub saya : 59EC0000

Ikral Saputra mengatakan...

saya ada pecahan 100 rupiah pinisi kembar dengan no seri HAK14870
dan HAK148071...
minat hubungi ya :
085264899466

seko kolo mengatakan...

Saya punya uang 100 rupiah dgn
no seri :bhm264187
Sama uang 500 rupiah orang utan dgn
No seri :vyn427764
Minat hub saya:082339892969

seko kolo mengatakan...

Info yg sangqt brmqnfqqt buqt kqmi yg qwam qkan uqng kuno

saproni fazry awal mengatakan...

Saya mempunyai uang Rp 100 merah perahu 2 lembar . Kalok ada yang beminat hub : 082390548737 / wA :+6281585946903

musik Ebiet mengatakan...

Saya mempunyai beberapa uang koin lambang pangeran diponegoro ada tulisan arab rajah nya tahun 1952 rp 50,- per @10jt, bagi yang berminat silahkan hubungi saya di 08980832004

Raja Faakhir mengatakan...

Sy ada 3 uang kertas 100 perahu layar yg 2 no serinya AJK239736, AJK239735, JOJO08488 kira laku brp y,?

Raja Faakhir mengatakan...

Tahun 1992

Raja Faakhir mengatakan...

Sy punya uang kerta 3 lembar 100rupiah thn 1992 perahu layar no seri:AJK239736, AJK239735, JOJ008488 minat hub sy di:083896652224

A Rochman mengatakan...

Saya punya 100Rp 1lbrth 1992,500Rp 1lbr th1982

ratno aji mengatakan...

Mana pembeli nya ....kok semua menawarkan ....aku juga punya banyak masih berurutan no seri nya

alun gelistiono mengatakan...

Saya punya uang Rp 5000 tahun pembuatan 1964 gambar pak Karno. barangkali berminat..

alun gelistiono mengatakan...

Hub 081331361813

kenzo_q mengatakan...

Saya punya uang 100 rupiah 5 lembar berseri minat silahkan

Berin Cayang Rhena selamanya Zandroto & ndruru mengatakan...

Saya banyak mempunyai duit lama... kalau minat hub 085373237494... kalau cocok harga...

Berin Cayang Rhena selamanya Zandroto & ndruru mengatakan...

Saya banyak mempunyai duit lama... kalau minat hub 085373237494... kalau cocok harga...

Unknown mengatakan...

Saya punya yg pecahan Rp.500 + Rp.100 thn 1992

adhe dheco mengatakan...

Minat bs hub WA/TLP 085926005999
Uang pecahan Rp.500 thn 1992 & pecahan Rp.100 1993

adhe dheco mengatakan...

Maaf slh ketik 1992 mksdnya

Aulia Nirmala mengatakan...

Saya ada 100,500,5000,50.000 kalau ada yang mau beli silahkan hububgi on saya.... 081335394689

Aulia Nirmala mengatakan...

Saya ada 100,500,5000,50.000 kalau ada yang mau beli silahkan hububgi on saya.... 081335394689

Laode Isimu mengatakan...

Aku punya uang 10.000thn 1992 6 lemba. ( Sri Sultan Hamengku IX ),20.000 1995 1 lmbar(burung cendrawasih ),10.000 1985 1 lmbar ( RA Kartini ),klu ada yg mau beli hbngi 082191792015

Unknown mengatakan...

saya banyak nih gan uang kuno coin lokal maupun luar negri.

surhi mengatakan...

Saya punya uang 100 kertas gambar oerahu pinisi 1992 dan uang 500 kertas gambar org utan yg minat hubungi 085395908707 atau pin d257f813

setyo pramono mengatakan...

Semua pada tanya harga dan keinginan menjual ....
Terus pembelinya itu lho sapa ????
Coba kasih tau para kolektor yg pingin membeli ... Pasti bnyk yg menawarkan
Dan menurut aq itulah artikel yg paling berguna . Aku punya bnyk uang lama n bermacam2 thn sampai sekarang gk ada yg mou beli .

setyo pramono mengatakan...

Katanya uang 100 thn 1992 bisa laku sampai Rp 800 rb. Tapi pembelinya itu sapa ...
Hoax kali ya ... ???

setyo pramono mengatakan...

Semua pada tanya harga dan keinginan menjual ....
Terus pembelinya itu lho sapa ????
Coba kasih tau para kolektor yg pingin membeli ... Pasti bnyk yg menawarkan
Dan menurut aq itulah artikel yg paling berguna . Aku punya bnyk uang lama n bermacam2 thn sampai sekarang gk ada yg mou beli .
Hoax kali ya .... ???

fahli ansyah mengatakan...

Sy punya uang krts rp 100 thn 1992 no seri WJD278549 brpa harga'y mnt hub 085828280060

pelambuan coy mengatakan...

saya punya juga uang seratus rupiah perahu layar pinisi 2lembar thn 92..1 rupiah ada 1..5rupiah 1lmbr.kalau minat invet pin saya 5fff54ce..

apri comenk cs mengatakan...

sAYA punya uang kertas 100 rp thn 1992..5 lembar ...satu rupiah thn 1960..gambar petani nanam padi ,,minat hub 085369738817

Nesyha Khan mengatakan...

Aku punya uang 100rupiah .perahu layar thn92.4lembar

YantoComen49 mengatakan...

1 rupiah 1964 menteri keuangan SOEKARNO Merah putih DF344704

Bayo Domo mengatakan...

Ada koin tahun 1879 10 sen berminat hub 081252565654

nur hasanah mengatakan...

Maharin jh nih uang kertas indonesia dan luar negri skitar 26 lmbar untuk yg kertas sdngkan koin skitar 30 keping

jamilah milah mengatakan...

Aku py uang kono...100rupiah,5sen,25 sen

jamilah milah mengatakan...

Aku py uang kono...100rupiah,5sen,25 sen

Unknown mengatakan...

Sya punya uang 100rp 2 lembar 500 rp 2 lembar semuanya sama kluaran thn 1992 jika ada yg minat hub sya 081315740985 085776091086 edho jakarta barat.

Riski Destory mengatakan...

saya ada brani brapa membeli,
no Hp : 082273616473

Icha Risa mengatakan...

Sy punya bnyak mata uang kuno dr berbagai tahun berminat bisa hub saya 081388535298

Icha Risa mengatakan...

Sy punya bnyak mata uang kuno dr berbagai tahun berminat bisa hub saya 081388535298

Daselly mengatakan...

Pak saya punya koleksi uang..100.500.1000.50000

mangara one art mengatakan...

Saya punya berapa macam nie uang kuno
Tahun rendah
1.uang kertas Rp.100 tahun 1992 gambar
Kapal layar PENISI
2.uang logam perak Rp.5 tahun 1970
3.uang logam Rp.100 tahun 1978
4.coint NEDERLANDSCH INDIE tahun 1945

santoso santoso mengatakan...

Saya pubya uang kertas kuno tahun 1959 Rp 10 ( 2 lembar )
Rp 1 ,- ( 1 lembar ) th 1961
Ro 2,5 ,- ( 2 lembar ) th 1961
Akan saya jual kalau ada yg berminat uang baru masih mulus

santoso santoso mengatakan...

Saya pubya uang kertas kuno tahun 1959 Rp 10 ( 2 lembar )
Rp 1 ,- ( 1 lembar ) th 1961
Ro 2,5 ,- ( 2 lembar ) th 1961
Akan saya jual kalau ada yg berminat uang baru masih mulus

nurbudi setiawan mengatakan...

Saya punya uang kuno 1rp ama 100/500/1000/5000/10000/20000 itu uang lama semua kl minat hb ke 085781086146 daerah jakarta selatan

Ferni Febrianti mengatakan...

Saya ada uang 100 tahun 1992 dan uang 500 monyet 1992

anthony Anjas mengatakan...

saya antonio
tinggal di malang kota, jalan ijen
Saya memiliki 3 mata uang:

1) Rp 1 ,- (tahun 1956) dengan nomer seri LNK090821.
2) Rp 1 ,- (tahun 1960) dengan nomer seri BPD088884.
3) Rp 10 ,- (tahun 1963) dengan nomer seri PAU078081.

saya akan menjual barang masih mulus, apabila berminat dapat menghubungi saya di nomer (081335624835) daerah malang kota, jalan ijen Bolevard.

eka mengatakan...

SAYA EKA PURNAMA
TINGGAL DI RANGKASBITUNG
SAYA MEMILIKI UANG 100 PERAK ADA 5 LEMBAR

1. RP 100 BERGAMBAR PERAHU THN 1992

SAYA AKAN MENJUALNYA
BILA ADA YG BERMINAT HUB.083871116053 DI JAMIN MASIH MULUS
TERIMA KASIH...

OrangPinggiran mengatakan...

Saya ada uang Rp 100 badak
Ada juga Rp 500 bunga,dengan nomor seri 040405
Kalo ada yang minat hubungi saya
085242564064

Unknown mengatakan...

Saya ada uang 1lembar pecahan rp. 100 burung merak thn 1984. 1lembar pecahan rp 100 perahu pinisi thn 1992. 1lembar pecahan rp 500 rusa thn 1988. Mungkin ada yg berburu uang kuno hub sy 082210034837. Thx infonya

Taufik Septian mengatakan...

Ana punya uang kertas pecahan Rp.100 seri merak thn. 1984 kondisi full mulus,koin Rp.1000 p kelapa sawit th.1996 dan koin Rp.100 seri wayang th.1978 minat hub. 085264993090

Taufik Septian mengatakan...

Ana punya uang kertas pecahan Rp.100 seri merak thn. 1984 kondisi full mulus,koin Rp.1000 p kelapa sawit th.1996 dan koin Rp.100 seri wayang th.1978 minat hub. 085264993090

tabani nuyy mengatakan...

Saya punya 100 rupiah kapal pinisi tahun 1992..no seri ada yg d awali hurup X
50 sen coin seri Dipa Negara tahun 1955
50 sen coin seri Garuda tahun 1958
5 sen coin ada tulisan arab y tahun1954
1 golden coin bolong tengah
5 rupiah coin seri Keluarga Berencana tahun 1979
5 rupian koin seri hewan burung tahun 1970
25 rupiah coin seri hewan tahun 1971
100 rupian coin seri wayang kulit tahun 1978
500 rupian coin seri bunga melati tahun 1991 dan 1992
1000 rupian coin seri kelapa sawit tahun 1993
5 rupiah kertas seri bunga no seri 5WDN84173
Minat Hub.085315719152

Unknown mengatakan...

Saya punya 2coin 1000 kelapa sawit, 2lembar 500 rupiah gambar monyet sma 100rupiah gambar perahu layar minat hub 0856 0735 1773

Unknown mengatakan...

Saya punya 2coin 1000 kelapa sawit, 2lembar 500 rupiah gambar monyet sma 100rupiah gambar perahu layar minat hub 0856 0735 1773

dhio prastyo mengatakan...

Jual uang kuno INDONESIA :
- 1 sen tahun 1952 gambar depan kapas dan gambar belakang tulisan arab gundul, dan ada lubang ditengahnya.
- 1 rupiah tahun 1951 dengan gambar petani sedang bercocok tanam.
- 1000 rupiah tahun 1996 dengan gambar depan kelapa sawit dan belakang burung garuda.
- 25 rupiah tahun 1996 dengan gambar buah pala di depan dan burung garuda di belakang.
- 50 rupiah tahun 1996 perak dengan gambar burung kapodang di depan dan burung garuda di belakang.
- 5 rupiah KECIL tahun 1979 dengan gambar Keluarga Berencana.
- 5 rupiah BESAR tahun 1974 dengan gambar Keluarga Berencana.
- 2 rupiah tahun 1970 dengan gambar padi dan kapas.
- 10 sen tahun 1954 dengan gambar burung garuda dan diatasnya huruf arab, dan jika uang dibalik justru gambar garuda dibelakangnya malah terbalik satu sama lain.
- 10 ruoiah BESAR tahun 1974 dengan gambar padi dan kapas.
- 10 rupiah KECIL tahun 1971 dengan gambar padi dan kapas.
- 50 rupiah 1998 kuning dengan gambar komodo di depan dan burung garuda di belakang.
- 5 sen tahun 1951 dengan gambar kapas di depan dan tulisan arab gundul di belakang dan ada lubang ditengahnya.
- 25 sen tahun 1955 dengan gambar burung garuda, dan jika uang dibalik justru gambar garuda dibelakangnya malah terbalik satu sama lain.
- 50 sen tahun 1951 dengan gambar burung garuda, dan jika uang dibalik justru gambar garuda dibelakangnya malah terbalik satu sama lain.
- 50 sen tahun 1957 dengan gambar Dipa Negara, dan jika uang dibalik justru gambar garuda dibelakangnya malah terbalik satu sama lain.
- 50 rupiah tahun 1971 dengan gambar burung cendrawasih.
- 100 ruoiah tahun 1978 dengan gambar depan rumah adat dan gambar belakang wayang.

Buat yang berjiwa kolektor uang kuno atau baranng antik dan buat yang paham saja.
Kondisi barang mulus dan hanya dimakan usia saja.
Bisa dicek keasliannya di tempat ane atau COD Depok dan Jak-Sel.
Pembayaran bisa via transfer setelah pengecekan barang.
Hubungi via sms atau telpon di 082213020663.

hizkia liwutang mengatakan...

saya punya uang 100 kertas lama tahun 1992 bergambar perahu pinisi. klo ada yg minat hub. 081215125918

hizkia liwutang mengatakan...

saya juga punya uang 500 lama bergambar orang utan dan uang 5000 lama bergambar sasando rote..yg minat hub. 081215125918

Windarti Wiyung mengatakan...

Hebat banget ya uang indonesia mengingat kan kita pada jaman dahulu yg sangat sulit utuk memiliki sepeser uang... walu jmbh ya rp.5 tp sangat berharga

Stevani Rahma mengatakan...

Saya mau jual uang 100 rupiah bergambar wayang tahun 1978 bisa gak ya

Hendra Ajaja59 mengatakan...

Saya ada uang 100 rupiah tahun 1992 gambar perahu finisi asli kira2 brp harga nya tlong info nya
Hbng..085366380699

Hendra Ajaja59 mengatakan...

Saya ada uang 100 rupiah tahun 1992 gambar perahu finisi asli kira2 brp harga nya tlong info nya
Hbng..085366380699

Lilifadli Lilifadli mengatakan...

Saya punya uang 10 rupiah tahun 1959 yg minat call,087889349125

Chef Ross mengatakan...

Saya punya uang kuno indonesia dari tahun 1954 hingga ke 1992 bisa hubungi sy yg berminat. Mau di jual semuanya +6591671292 bang ross

sss mengatakan...

saya punya uang 2.5 sandang pangan 1 kira2 berapa harganya, no hp 081353366400

andi981 mengatakan...

Saya ada uang pecahan 100 Rupiah tahun 1993 no seri DOJ252525

081289574817

Nina Nuskin mengatakan...

saya mau jual uang rp 100 thn 92 gambar perahu ada 4.hub nina 081214768111

Nina Nuskin mengatakan...

saya mau jual uang rp 100 thn 92 gambar perahu ada 4.hub nina 081214768111

Rushey Rush mengatakan...

Apa ini berlaku buat mata uang luar? Saya punya mata uang cina yang nomor serinya xx dan berurutan

Unknown mengatakan...

saya mau jual uang kuno 100 rupiah tahun 1973 koin tebal, hubungi sabrina 085218355485

anjar saefulazis mengatakan...

saya mau jual uang seri prefik AAA545848 hub 085223027023

dedy mengatakan...

saya juga punya,,,,hub,,,082340952908

Maman Sutrisno mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Maman Sutrisno mengatakan...

Bagi yang punya uang dinar irak, kina papua new guinea, new turki liras, dong vietnam saya siap terima asalkan uang tsb asli. Minat hub: wa 087882660029

Ali alimuddin mengatakan...

Saya punya uang kertas perahu layar 100 rupia yg minat hbg no 082340579689

Ali alimuddin mengatakan...

Saya punya uang kertas perahu layar 100 rupia yg minat hbg no 082340579689

Ali alimuddin mengatakan...

Saya punya uang kertas perahu layar 100 rupia yg minat hbg no 082340579689

Bambang Rahmadi / Iwan mengatakan...

Saya punya uang pecahan Rp. 100, mau dijual ( 1 ), gn. Perahu layar pinishi tahun 1992, yg berminat email saya nawi21031964@yahoo.com

Ayi. Sukirman Sukirman73 mengatakan...

Apakah betul ada yang minat dengan uang jadoel aku ada koleksi banyak kalori minat hub...Phone/WA.081220333541

Ayi. Sukirman Sukirman73 mengatakan...

Kalau ada yang minat hub...Phone/WA.081220333541

Natasha Montolalu mengatakan...

100 kapal layar tahun 1992 harga nya berapa ??

Adry Anto mengatakan...

Saya punya uang 100 kertas uang portugis tahun 1959 siapa tau ada yg minat jumlah 59 lembar hbngi 081242941179 trimaksih

asep winspeed mengatakan...

saya punya ni uang lama 500 kertas, bergambar monye punya 2, dan yg 100 rupiah punya 1, ada yg minat kah .?

Unknown mengatakan...

Saya punya koin 1000 yg perak emas dalemnya pohon kelapa sawit sama uang baru seri depannya x
Bisa hub saya di ig divta_ruli

toro siswo mengatakan...

Saya punya 100 rupiah perahu pinisi 8 lembar...

Minat 087874569148

Fandyz Koop mengatakan...

Saya punya 100 rupiah 1lmbar thn 1992 AFF231267
Saya punya 500 rupiah 1lembar thn 1992 JQM130765
yg minat hubngi..081361613404 trimk

suheri mengatakan...

Saya juga punya uang 100rupiah, thn 92. Minat hub 085364020090

andi primanto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
andi primanto mengatakan...

Saya punya 8 koin jaman penjajahan peninggalan kake saya, koin cetakan tahun 1758, 1765, 1910, 1921, 1929, 1941, 1945, dan 1952, kondisi masih bagus yang minat invite bbm 5F3DC0CE

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Syifa Azkia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
AutoLink mengatakan...

Saya punya uang kertas 100 thn 92 kondisi mulus no.seri berurutan sebanyak 100 lembar (Rp.10.000)
WA-081366671977

Jaka mengatakan...

Saya punya,rp1000 thn 92(100lbr)
Rp1 ada 2lbr.rp100 ada 3lbr
Wa 083865730139