Sabtu, 17 November 2012

Uang Logam Indonesia

Sejak kemerdekaan kita, Indonesia telah mengeluarkan berbagai bentuk pecahan uang logam, ada yang terbuat dari nickel, kuningan, alumunium bahkan yang terbaru berbahan bimetal. Secara keseluruhan Indonesia memiliki 15 jenis pecahan dari yang terkecil yaitu 1 sen s/d yang terbesar 1000 rupiah.
Pecahan-pecahan tersebut adalah:
1. 1 sen
2. 5 sen
3. 10 sen
4. 25 sen
5. 50 sen (2 jenis)
6. 1 rupiah
7. 2 rupiah
8. 5 rupiah (3 jenis)
9. 10 rupiah (3 jenis)
10. 25 rupiah (2 jenis)
11. 50 rupiah (3 jenis)
12. 100 rupiah (4 jenis)
13. 200 rupiah
14. 500 rupiah (2 jenis)
15. 1000 rupiah ( 2 jenis)



Uang logam Indonesia (27 jenis)
Dari ke 27 jenis pecahan tersebut, plus satu lagi yang baru saja diedarkan yaitu Rp.1000 emisi 2010, terdapat lebih banyak lagi variasi emisi tahun, total semuanya terdapat 78 variasi emisi. Untuk mengumpulkan semuanya tidaklah mudah. Ada emisi-emisi tertentu yang sangat sukar ditemukan baik dalam kondisi biasa apalagi dalam kondisi UNC.


PECAHAN 1 SEN

Merupakan uang logam dengan pecahan terkecil yang pernah dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, berbahan alumunium dan bertahun 1952. Harga menurut katalog untuk kondisi UNC sekitar Rp. 10.000,- perkeping



Pecahan 1 sen 1952



PECAHAN 5 SEN

Juga terbuat dari alumunium dan mempunyai 2 variasi emisi yaitu 1951 dan 1954, harga Rp. 5000 perkeping UNC.




Pecahan 5 sen emisi 1951 dan 1954




PECAHAN 10 SEN


Terbuat dari alumunium, mempunyai 3 variasi emisi yaitu 1951, 1954 dan 1957. Harga ketiga variasi ini sekitar Rp. 5000 perkeping UNC.



Pecahan 10 sen variasi emisi lengkap, 1951, 1954 dan 1957



PECAHAN 25 SEN

Berbahan alumunium dan mempunyai 3 variasi emisi: 1952, 1955 dan 1957. Harga sekitar Rp. 5000 perkeping UNC.





Pecahan 25 sen variasi emisi lengkap



PECAHAN 50 SEN

Terdapat 2 jenis pecahan 50 sen yang pernah dikeluarkan oleh Indonesia yaitu:

1. PECAHAN 50 SEN DIPONEGORO

Terdiri dari 4 variasi emisi yaitu 1952, 1954, 1955 dan 1957, emisi 1954 adalah yang terlangka dan bernilai sekitar Rp. 50.000 perkeping, sedangkan yang lainnya sekitar Rp. 5000.


Pecahan 50 sen Diponegoro variasi emisi lengkap


2. PECAHAN 50 SEN ALUMUNIUM

Mempunyai 3 variasi emisi, 1958, 1959 dan 1961, Harga ketiga variasi kurang lebih sama yaitu Rp. 5000 perkeping UNC.


Pecahan 50 sen variasi emisi lengkap



PECAHAN 1 RUPIAH


Hanya ada satu macam saja, yaitu emisi 1970 dan terbuat dari alumunium. Harga hanya beberapa ribu rupiah saja perkepingnya.


Pecahan 1 rupiah 1970



PECAHAN 2 RUPIAH

Juga hanya ada satu macam, terbuat dari alumunium emisi 1970, harga sekitar Rp. 2000 perkeping.


Pecahan 2 rupiah 1970


PECAHAN 5 RUPIAH


1. PECAHAN 5 RUPIAH BURUNG

Terbuat dari alumunium bertahun 1970, harga menurut katalog sekitar Rp. 8000 perkeping UNC.


Pecahan 5 rupiah 1970





2. PECAHAN 5 RUPIAH KELUARGA BERENCANA (KB)


Disebut juga sebagai 5 rupiah KB (besar), bertahun 1974, harga sekitar Rp. 3.000 perkeping.


Pecahan 5 rupiah 1974 KB (besar)


Emisi berikutnya mempunyai bentuk lebih kecil sehingga sering disebut sebagai KB (kecil), terbuat dari alumunium dan bertahun 1979, 1995 dan 1996, kedua emisi terakhir lebih langka sehingga bernilai jual sedikit lebih tinggi yaitu sekitar Rp. 6.000,- untuk kondisi UNC.


Pecahan 5 rupiah KB (kecil) variasi emisi lengkap


PECAHAN 10 RUPIAH


1. PECAHAN 10 RUPIAH NICKEL

Hanya terdiri satu emisi yaitu tahun 1971, harga jual sekitar Rp. 4000 - Rp. 5000 perkeping.


Pecahan 10 rupiah 1971


2. PECAHAN 10 RUPIAH KUNINGAN

Bergambar Tabanas dan hanya terdiri dari satu emisi yaitu 1974, harga sekitar Rp. 5000.


Pecahan 10 rupiah 1974


3. PECAHAN 10 RUPIAH ALUMUNIUM

Juga bergambar Tabanas dan bertahun 1979, harga juga sekitar Rp. 5.000 perkeping.


Pecahan 10 rupiah 1979



PECAHAN 25 RUPIAH


1. PECAHAN 25 RUPIAH NICKEL

Bergambar burung dan bertahun 1971, harga Rp. 5000 perkeping.


Pecahan 25 rupiah 1971


2. PECAHAN 25 RUPIAH ALUMUNIUM

Bergambar buah pala dan mempunyai 6 tahun variasi emisi yaitu 1991, 1992, 1993, 1994, 1995 dan 1996. Yang tersulit adalah emisi 1993. Harga jual sekitar Rp. 1000 perkeping.


Pecahan 25 rupiah variasi emisi lengkap




PECAHAN 50 RUPIAH

1. PECAHAN 50 RUPIAH NICKEL

Bergambar burung cendrawasih, terbuat dari nickel dan hanya terdiri dari satu emisi yaitu 1971, bernilai jual sekitar Rp. 5000 perkeping.


Pecahan 50 rupiah 1971


2. PECAHAN 50 RUPIAH KUNINGAN

Bergambar komodo, terbuat dari kuningan dan terdiri dari 8 variasi emisi 1991, 1992, 1993, 1994, 1995, 1996 dan 1998. Emisi tersulit adalah 1997. Uang logam ini masih dipergunakan sebagai alat pembayaran yang sah.


Pecahan 50 rupiah kuningan emisi lengkap

3. PECAHAN 50 RUPIAH ALUMUNIUM

Bergambar burung Kepodang, terbuat dari alumunium dan terdiri dari 3 emisi yaitu 1999, 2001 dan 2002.


Pecahan 50 rupiah alumunium variasi emisi lengkap


PECAHAN 100 RUPIAH



Sejak tahun 1973 Bank Indonesia telah mengeluarkan berbagai macam pecahan 100 rupiah, dimulai dengan pecahan 100 rupiah berbahan nickel dan berukuran besar dengan gambar rumah gadang (sering disebut sebagai 100 tebal), lalu digantikan pecahan yang lebih tipis (100 tipis) sampai yang terakhir terbuat dari bahan aluminium.





1. PECAHAN 100 RUPIAH NICKEL (TEBAL)

Terbuat dari nickel, hanya terdapat satu variasi saja yaitu tahun 1973, harga berkisar dari Rp. 1000 s/d Rp. 10.000 perkeping tergantung kualitasnya.


Pecahan 100 rupiah 1973 tebal


2. PECAHAN 100 RUPIAH NICKEL (TIPIS)

Lebih tipis dibandingkan pendahulunya, juga terbuat dari nickel, emisi 1978, harga lebih murah sedikit bila dibandingkan dengan yang tebal.


Pecahan 100 rupiah 1978 tipis




3. PECAHAN 100 RUPIAH KUNINGAN

Bergambar karapan sapi dan terdapat 8 tahun emisi yaitu 1991, 1992, 1993, 1994, 1995, 1996, 1997 dan 1998. Masih relatif mudah ditemukan.


Pecahan 100 kuningan


Pecahan 100 rupiah kuningan variasi emisi lengkap 1991 s/d 1998


4. PECAHAN 100 RUPIAH ALUMUNIUM

Bergambar burung Kakatua Raja, dan memiliki 7 tahun emisi,
yaitu 1999, 2000, 2001, 2002, 2003, 2004 dan 2005. Masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.



Pecahan 100 rupiah aluminium


Pecahan 100 rupiah variasi emisi lengkap 1999 s/d 2005


PECAHAN 200 RUPIAH


Terbuat dari alumunium, bergambar Jalak Bali dan hanya terdiri dari satu emisi yaitu tahun 2003. Juga masih dipergunakan sebagai alat pembayaran.


Pecahan 200 rupiah alumunium emisi 2003

PECAHAN 500 RUPIAH

1. PECAHAN 500 RUPIAH KUNINGAN

Terbuat dari bahan kuningan (aluminium-perunggu) dengan gambar bunga melati dan angka Rp.500 kecil di bagian bawah.


Pecahan 500 rupiah kuningan variasi emisi 1991 dan 1992

Emisi-emisi tahun berikutnya mempunyai gambar muka yang berbeda, bunga melatinya menjadi kecil dan angka 500 rupiahnya menjadi besar


Pecahan 500 rupiah kuningan variasi emisi 1997, 2000, 2001, 2002, 2003


2. PECAHAN 500 RUPIAH ALUMUNIUM

Bergambar bunga melati dan Garuda Pancasila beserta tahun emisi yaitu 2003.


Pecahan 500 rupiah alumunium emisi 2003




PECAHAN 1000 RUPIAH BIMETAL


Terbuat dari 2 macam logam (metal) sehingga di sebut bimetal. Bagian cincin terbuat dari campuran copper-nickel (tembaga-nikel) dan bagian tengah dari bahan brass (kuningan).

Satu sisi bergambar kelapa sawit dan sisi lainnya bergambar Garuda Pancasila dengan tahun penerbitan. Terdapat 6 tahun emisi yaitu 1993, 1994, 1995, 1996, 1997 dan 2000



Pecahan 1000 rupiah bimetal variasi emisi lengkap



PECAHAN 1000 RUPIAH
(BARU)
Pada bulan Juli 2010, Bank Indonesia mengeluarkan pecahan 1000 rupiah baru berbahan Nickel Plated Steel (NPS). Mari kita lihat bentuknya




1000 Rupiah yang diedarkan mulai Juli 2010


Uang-uang logam ini merupakan uang logam yang dipergunakan sebagai alat pembayaran yang sah, tetapi selain uang-uang tersebut di atas, Bank Indonesia juga mengeluarkan uang-uang logam yang terbuat dari perak dan emas dengan pecahan yang beragam seperti 250 rupiah, 750 rupiah, 2000 rupiah, 5000 rupiah, 10000 rupiah, bahkan ada yang 850 ribu rupiah. Uang logam jenis ini merupakan uang logam peringatan, dikeluarkan dalam jumlah amat terbatas dan mempunyai nilai koleksi yang sangat tinggi. Kita akan membahas uang-uang logam edisi khusus ini dilain kesempatan.


Ada sebagian kolektor yang gemar mengumpulkan uang logam yang dalam kondisi masih terbungkus (rol) asli keluaran Bank Indonesia. Semua uang yang terbungkus ini sudah barang tentu berkondisi UNC dan bernilai jual jauh lebih tinggi daripada yang sudah terbuka. Saya lampirkan beberapa diantaranya. Adakah diantara para pembaca yang bisa menduga rol yang berwarna hijau muda dengan 2 garis putih di masing2 ujungnya (di bagian kiri bawah gambar) berisi jenis uang logam yang mana?


Jawaban : Rp.25 (1971)


Saran dan kritik hubungi :
arifindr@gmail.com

32 komentar:

Stanley mengatakan...

Tolong dikoreksi kalau salah. Urutan uang logam RI dari yg terlangka:
1.50 sen 1954
2.Rp.50 1997
3.Rp.100 1991/1992
4.Rp.50 2001 putih
5.Rp.25 1991/1992/1993
6.Rp.500 1991/1992
7.Rp.1000 1994 dan 1997
8.Rp.5 1995/1996 (tidak beredar)

Selain itu terdapat juga
- 1 set koin Sukarno Irian Barat
- 1 set koin Sukarno Riau
- Rp. 2,5 1963 Pattern
- 25 sen 62/65 Pattern
- 50 sen 62/65 Pattern

Joshku mengatakan...

Yg pattern itu,
2,5rp th 63
25 sen th 65
50sen th 65.
Bukan th 62.

MARIN mengatakan...

Saya menebak, koin yang ada dalam roll hijau bergaris ujung putih itu adalah uang koin Rp 50.

Bagaimana, benar???

A L I mengatakan...

Saya juga ingin menebak,
deh
koin roll hijau dengan pinggiran putih itu adalah ...

dua puluh lima rupiah
1 9 7 1

Benar atau tidak ya ?

http://img142.imageshack.us/img142/778/apainikoinnya.jpg

sigid"kiput"argianta mengatakan...

boss aku juga mengoleksi uang kuno utamanya koin mulai tahun 1790 VOC. tanya bos, apakah ada uang 25 sen diponegoro? tank infonya

lany mengatakan...

Saya juga ingin menebak,,,,

koin roll hijau dengan pinggiran putih itu adalah....

25,00{dua puluh lima rupiah}...
betul ga tuch,,,,

tiejhe mengatakan...

saya telah mengoleksi uang logam 1000an dan 500an kuning dan saya mempunyai sejumlah 3.500.000. saya yakin bahwa suatu hari nanti ini bisa berubah menjadi puluhan juta rupiah bahkan bisa mencapai ratusan juta. Wau bisa anda bayangkan sendiri itu betapa banyak hasilnya. sampai sekrangpun saya masih mengkoleksi sebanyak mungkin hingga uang itu ditarik dari peredaran. ANDA MAU!!! SILAHKAN COBA!!!

The Miracle of Laugh mengatakan...

salam,
saya nofri mau tanya, knapa di koin pecahan sen terbitan tahun 1952 tersebut ada tulisan arabnya? apa latar belakng tulisan arab tersebut sampai di koin itu? mohon penjelasan
terimakasih
salam.

apel mengatakan...

wahh keren,,,tpi skarang udah ada keluar uang logam Rp 1000 gambarnya angklung mohon dijelaskan apa kandungan bahannya

Qbit mengatakan...

saya ada koin 1 rupiah yang kecil kok tidak ada di atas yah??

Thanks

Joel Absol Pandakom mengatakan...

Saya menebak koin yg ada dlam roll warna hijau adalah Rp 50 tahun 1993, benar tidak?

tjeckluphizz mengatakan...

alhamdulillah..
sepertinya koleksiku lumayan lengkap untuk yang langka..
termasuk koin Rp. 50,- emisi 1997..
(lebih banyak bersyukur setelah 1 kotak uang kunoku hilang entah kemana, termasuk uang kertas gatotkaca n uang pak harto yang plastik, dan banyak lagi yang lainnya.. hiks!)

Ayo Berbagi & Belajar Bersama Anita mengatakan...

Pak, saya bertanya-tanya
ada orang yang mencari uang logam Rp 100 tahun 1971
apa ada itu?
sepengetahuan saya,Indonesia membuat uang logan Rp 100 itu kan mulenya tahun 1973
mohon penjelasan

RACHMAN mengatakan...

kpn2 aq ingin koleksi

http://signup.wazzub.info/?lrRef=4f043 mengatakan...

pak tolong di posting dong uang kuno koin yang pernah beredar di indonesia sebelum tahun 1952 RI mengeluarkan uang koin,
soalnya aq punya koin 1824,1899,1945 dan berapa kira2 nilai tukarnya sekarang?
makasih

purwoko.agus99 mengatakan...

Pak Saya mau nanya cara membersihkan koleksi uang koin yang sudah kotor/berwarna hitam menggunakan apa? terima kasih

Rifa Sudarja mengatakan...

katanya uang logam kuning Rp.500 emisi 1991 terbuat bahan yang berbeda sehingga banyak dicari orang untuk di lebur atau dijadikan perhiasan...benarkah demikian?

agung putra jaya mengatakan...

Rol hijau itu lempeng logam /500 rupiah...

erwinleo78 mengatakan...

Saya punya PECAHAN 100 RUPIAH NICKEL (TEBAL)ada 60 keping dan PECAHAN 100 RUPIAH NICKEL (TIPIS) dan ada juga bebrapa uang koin kuno yang lainya, kalau saya mau jual kira2 kemana ya pak, posisi saya di medan.
Terima kasih.

Jawara Kampung mengatakan...

sangat menarik jdi tau jenis2 uang yg pernah beredaer di indonesia, thx

taufik tri mulyo mengatakan...

kata guru saya, uang rp. 500 itu terbuat dari campuran emas, apakah betul ato tidak bro,....

Juliana Tambunan mengatakan...

saya sudah senang punya banyak koleksi uang kuno, pas ada acara pesta di rumah ilang ama kotak-kotaknya, apes deh. padahal ada uang kertas 5 rupiah macam-macam deh.

sunarto mengatakan...

Penjelasan tentang uang logam yang bagus..

CDR mengatakan...

Kog Rp 100 tahun 1971 gak ada ya..? padahal aku punya..

anonymous mengatakan...

yang asli 100 Rupiah 1973 bukan 1971

Deo Reiki Jaya mengatakan...

wou keren koleksinya...
www.deo-reiki.com

duniabola08 mengatakan...

paki pasir gan digosok22!bisa mengkilat lagi.

pury rahayu mengatakan...

Berapakah harga uang koin kuno yang ada dalam artikel ini, saat ini??

ali busro mengatakan...

mengomentari mbak anita mengenai uang logam yang 100 rp tahun 1971 itu ada mbak saya juga punya kok...

irwan budi mengatakan...

coin 50 dipanegara jaman ini sdh mencapai 50rb, apa lg nanti ya pa stelah 7 turunan...mungkin coin sya ini yg tahun 52 jd super hebat...hehe

Soerya Soeraa mengatakan...

Dijual cepat
- Koin 100 tahun 1978 @ Rp.3000/keping ( Stok 2Juta keping )
Lokasi Solo diutamakan
Diharapkan serius buyer
HUB : 0271 756 8976

Zack London mengatakan...

Saya ada stok uang koin berbagai jenis.

1. Koin 100 rupiah tebal tahun 1973 sebanyak 1500 keping.

2. Koin 100 rupiah tebal tahun 1971 sebanyak 30 keping.

3. Koin 100 rupiah tipis tahun 1978 sebanyak 50 keping (UNC)

4. Koin 1000 kelapa sawit tahun 1997 sebanyak 7 keping. Dan berbagai tahun sebanyak 50 keping.

5. Koin 50 rupiah kepodang kondisi unc sebanyak 20 doos = 800 rool = 20.000 keping. (Kondisi segel BI)

Barang kali minat, monggoh silaturahim kerumah saya di daerah TEGAL jawa tengah.

Cp saya
085700000054