Jumat, 25 November 2016

1949 (seri ORI Baru)

Seri ORI Baru memiliki tingkat kesulitan sangat tinggi, semua pecahannya sangat sukar didapatkan sehingga para kolektor, bahkan yang senior sekalipun seringkali mengalami kesulitan untuk mendapatkan dan melengkapi seri ini. Karena tingkat kesulitannya sangat tinggi maka tidak heran harganya juga tinggi.


Seri ini terdiri dari pecahan2 bernilai kecil, dimulai dari 10 sen (ada dua warna), 1/2 rupiah (juga ada dua warna), 1 rupiah, 10 rupiah (dua variasi) dan 100 rupiah (ada variasi uncutnya). Semuanya bertanggal Djokjakarta 17 Agustus 1949 dan ditandatangani oleh Mr. Loekman Hakim.

Pecahan 10 sen Hijau

Walaupun nominalnya kecil, uang ini sangat sukar didapatkan. harganyapun fantastis bila dibandingkan nilai atau kualitasnya. Harga perlembar kondisi biasa sekitar Rp. 500 ribuan perlembar sedangkan bila UNC bisa mencapai Rp. 1,5 juta.



Pecahan 10 sen ORI Baru (hijau)



Pecahan 10 sen Merah

Juga sulit untuk didapatkan, nilainya sedikit dibawah pecahan 10 sen yang hijau.



Pecahan 10 sen ORI Baru (merah)


Pecahan 1/2 rupiah Hijau

Tingkat kesulitannya sangat tinggi, setara dengan pecahan2 kecil lainnya. Harga perlembar kurang lebih sama dengan pecahan 10 sen hijau.


Pecahan 1/2 rupiah ORI Baru (hijau)



Pecahan 1/2 rupiah Merah
.

Juga sangat sulit ditemukan, harga relatif sama dengan di atas. Keempat pecahan terkecil ini tidak mempunyai nomor seri.



Pecahan 1/2 rupiah ORI Baru (merah)



Versi palsu
.

Karena tidak adanya pengaman yang baik, ORI Baru tidak lepas dari pemalsuan. Saya tampilkan satu lembar contoh ORI baru palsu. Perhatikan perbedaannya, sulit bukan?



Pecahan 1/2 rupiah ORI Baru (palsu) kertas licin dan gambar tampak lebih kasar
.


Pecahan 1 rupiah
.

Sangat sulit ditemukan dalam segala kondisi, harga perlembar sudah berkisar di 1/2 - 1 juta, apalagi jika kondisinya UNC, bisa 2 kali lipat lebih mahal.
.



Pecahan 1 rupiah ORI Baru



Versi Proof


Selain versi beredarnya yang mempunyai nomor seri, tenyata pecahan ini juga mempunyai versi proofnya yang berbeda warna dan tidak mempunyai nomor seri maupun tanda tangan. Versi ini sangat langka dan bernilai tinggi sekali. Di lelang terakhir versi proof ini terjual seharga Rp.12,5 juta!!




Pecahan 1 rupiah ORI Baru (proof), perhatikan perbedaan warnanya.


Pecahan 10 rupiah (hitam)

Sangat sukar didapatkan bahkan untuk kondisi jeleknya sekalipun, bernilai sangat tinggi bisa mencapai angka 1 sampai 4 juta rupiah perlembarnya. Saya belum bisa mendapatkan gambar yang memadai dari uang ini, mohon partisipasi pembaca yang memilikinya. Gambar di bawah saya ambil dari buku katalog uang kertas Indonesia (KUKI).


Pecahan 10 rupiah ORI Baru (hitam-kuning)

Pecahan 10 rupiah (coklat)

Gambar mirip dengan versi yang hitam, tetapi berbeda warna, baik warna uangnya maupun warna tanda tangannya. Perhatikan perbedaannya dengan teliti karena harga lebih murah sekitar 1/2 nya dari versi yang hitam.

Pecahan 10 rupiah ORI Baru (coklat-merah)

Pecahan 100 rupiah

Terdiri dari 2 bentuk yaitu yang tanpa nomor seri (lebih murah) dan yang bernomor seri (lebih mahal). Tetapi sampai saat ini masih terjadi kontroversi mengenai nomor serinya. Sebagian kolektor mengatakan bahwa uang ini sebenarnya tanpa nomor seri tetapi oleh orang2 tertentu sengaja di cetak sehingga mengakibatkan nilai jual menjadi lebih tinggi. Bagi para pemula diharapkan tidak tertipu dengan uang yang bernomor seri karena mungkin saja palsu, perhatikan tipe huruf dan angka pada nomor seri di bawah ini.

Pecahan 100 rupiah baru variasi bernomor seri, perhatikan bentuk nomor serinya.


Versi proof

Selain versi biasanya, ternyata ditemukan juga veri proof yang berwarna hitam, tentu saja versi ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Di lelang tahun 2008 versi ini terjual seharga 8 juta rupiah!
Pecahan 100 rupiah baru versi proof

Pecahan 100 rupiah Uncut

Terdiri dari 2 lembar pecahan 100 rupiah yang belum di potong. Variasi ini terdiri dari 2 jenis yaitu yang bernomor seri dan tanpa nomor seri. Yang tanpa nomor seri berharga sekitar Rp.750 ribu sedangkan yang bernomor seri jauh lebih langka dan tentunya bernilai jauh lebih tinggi.





Pecahan 100 rupiah ORI Baru (uncut)
Kesimpulan:
1. Memiliki tingkat kesulitan sangat tinggi.
2. Sangat jarang didapatkan yang berkondisi baik
3. Terdapat versi palsunya
4. Terdapat bentuk2 yang tidak lazim (proof)
5. Urutan tingkat kesulitan:
- 10 rupiah hitam-kuning
- 10 rupiah coklat-merah
- 1 rupiah
- 1/2 rupiah baik merah maupun hijau
- 10 sen hijau disusul 10 sen merah
- 100 rupiah bernomor seri
- 100 rupiah tanpa nomor seri dan uncut

Karena tingkat kesulitan ORI baru ini sangat tinggi, saya mengalami kesukaran untuk menampilkan gambar-gambar yang baik sehingga untuk saat ini hanya inilah yang maksimal dapat saya lakukan. Bila ada diantara para pembaca yang memiliki uang2 seri ini tetapi dengan kualitas yang lebih baik daripada gambar-gambar di atas, dan bersedia untuk mengirimkan fotonya kepada saya, maka dengan senang hati saya akan menerimanya.
.Kritik dan saran hubungi : arifindr@gmail.com

Tidak ada komentar: