Sabtu, 17 November 2012

Logam Neth. Indies 2,5 cent


Pecahan 2,5 cent (disebut juga sebagai benggol) dibuat dari bahan tembaga seberat 12,5 gram. Terdiri dari 16 variasi tahun yang dimulai dari tahun 1856, 57, 58 (Willem III) diteruskan tahun 1896 s/d 1945 (Wilhelmina).



WILLEM III

Terdiri dari 3 variasi tahun :
1856, jumlah produksi : 2.480.000 keping
1857, jumlah 36.560.000 keping
1858, jumlah 40.990.000 keping














WILHELMINA

Terdiri dari 13 variasi tahun
1896, jumlah produksi 1.120.000 keping
1897, jumlah 18.105.200 keping
1898, jumlah 7.600.000 keping
1899, jumlah 10.400.000 keping
1902, jumlah 6.000.000 keping
1907, jumlah 3.000.000 keping
1908, jumlah 5.950.000 keping
1909, jumlah 3.060.000 keping
1913, jumlah 4.000.000 keping
1914, jumlah 22.000.000 keping
1915, jumlah 6.000.000 keping
1920, jumlah 48.000.000 keping
1945, jumlah 200.000.000 keping































Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa jenis benggol terlangka adalah emisi Willem III tahun 1856, disusul emisi 1857, 1858, kemudian emisi Wilhelmina 1896, 1907, 1909, 1913 dan tentu saja yang tebanyak adalah emisi 1945.
.
Harga perkeping coin benggol sangat bervariasi tergantung dari tahun emisi dan kualitasnya. Sebagai ilustrasi saya tampilkan harga menurut katalog Nederlands Indies terbitan Uitgeverij Zonnebloem BV, Amsterdam 1980, harga coin benggol dalam gulden (untuk mempermudah perhitungan biasanya dikalikan Rp.5000/gulden) adalah sbb:
.
1856 (5-55), 5 gulden harga untuk kondisi VG & 55 gulden untuk UNC
1857 (3-40)
1858 (3-40)
1896 (3-35)
1897 (1-12)
1898 (2-35)
1899 (2-30)
1902 (2-35)
1907 (3-40)
1908 (2-35)
1909 (3-35)
1913 (3-35)
1914 (1-20)
1915 (2-25)
1920 (1-13)
1945 (1-9)
.
.
.
.
Kritik dan saran harap hubungi arifindr@gmail.com

36 komentar:

Matthew mengatakan...

These prices are wrong.

From Standard Catalog of World Coins 2008:

For UNC:
1856: $200
1857: $60
1858: $60
1896: $200
1897: $40
1898: $60
1899: $40
1902: $40
1907: $40
1908: $40
1909: $60
1913: $60
1914: $12
1915: $40
1920: $22
1945: $2

for price in XF, VF, F, divide by 2, 4, or 8.

I.e.
UNC price $40
XF price $20
VF price $10
F price $5

No price below F is listed, but you could fairly divide by 2 again

I would grade/value your coins:

1856: VG - $6
1857: XF - $20 (downgraded because of discolouration)
1858: G (worn rims, shield almost gone) - $5
1896: Fair - $3
1897: F+ $7
1898 VG $3
1899: VF $10
1902: G - $2
1907: VF - $10
1908: VF - $10
1909: F - $6
1913: aF - $6
1914: XF - $6
1915: aF - $4
1920: XF - $6
1945: UNC - $3

andri mengatakan...

pak arifin sya punya uang benggol 2 1/2 cent. thn 1914.hrg skrgnya brp y per koiin nya?trims

ISAKA LHOKSEUMAWE mengatakan...

pak saya punya banyak coin nya sprti di gmbr, thn 1820-1937 ada yg model bolong tengah nya,1 peti pak?

wening dalam telaga diri mengatakan...

saya punya tahun 1856 tapi kondisinya sudah kusam...kalau ada yang mau boleh di tukar sama rokok djarum 76 senilai rp:7300

Dewi maryam mengatakan...

pak saya punya koin thn 1945 skrng harga perkoinnya berapa

sunarto mengatakan...

uang kuno logam...nederland... kalo yang tahun 1945 masih mudah ditemukan..

sadam nasution mengatakan...

saya punya yang tahun 1920 tuh pak

Lala Lulu mengatakan...

Saya punya satu yang tahn 1858

nur syahalam mengatakan...

Bahas juga dong koin perak netherlansch indie 1/4 G, 1/2G, 1G serta 2 1/2G yang seri willem dan wilhelmina. Makasih Pa Dokter...

Gorba Dom mengatakan...

Mohon dibahas juga 1 cent, 1/2 cent yang wihelmina, saya punya beberapa..

ahmad youreido mengatakan...

aku punya gan tahun 1856

uang coin logam luar juga punya

Alvin Suyanto mengatakan...

Cuman punya yg 1858 itu pun nemu di tambang timah

david jerry hermawan mengatakan...

Saya punya koin 2,5 sent tahun 1945,tapi kalau kondisi koin sudah berlubang(gara_gara dibuat gantungan kunci),laku brp yah ...? Thanks

porong up date mengatakan...

Dengan tingginya harga uang logam di atas terutama emisi yang sangat langka. Apakah pernah terjadi pemalsuan uang logam di atas??? Seperti uang seri soekarno palsu yang katanya bisa melengkung itu. Makasih...

JONTRI PASI mengatakan...

Aneh,koin saya kok gak termasuk dalam daftar ya?
Terbitan 1942.

Bintang Barcelona mengatakan...

Saya punya seperti gambar di atas 1920

Windy Agustian R mengatakan...

Sy punya 1857 sampai 1945

wonogiri batikonline mengatakan...

saya punya 1945 dan 1858...hihi...pagi tadi iseng ngejual dr beberapa lembar uang kuno alhamdulillah laku 200 ribu. nambah semangat deh lagian nemu ulasan di blog ini tambah pengetahuan...thanks pak, salam kenal...

zoelpn mengatakan...

saya punya banyk uang kertas Asli dan Koin zanan dahulu kala Swaktu Presiden Pertama Indonesia dan saya mengkoleksinya sampai sekarang...tdk mungkin saya sebut satu persatu uangnya...Wassalam dari KOta Sabang/Aceh Indonesia

Unknown mengatakan...

Sayaa punya benggol th 1945 tapi ama emak sya buat kerokan

Olieq Chandi mengatakan...

Saya punya banyak..
Warisan dari nenek . Macam2

Adi Beri mengatakan...

saya punya satu koin th 1909 sekarang laku berapa

Musta Aniv mengatakan...

Pagi pak... saya ada koleksi koin kuno luar negeri pak.. dinara,liberty,cents dll... thun rata2 1943-1967. Mau saya jual butuh uang pak.

Ika Mardiah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ika Mardiah mengatakan...

Saya punya dua keping 1 Gulden Wilhelmina. Terawat. Berminat?

Wulan Wullur mengatakan...

Saya punya koin itu

Wulan Wullur mengatakan...

Saya mempunyai koin netherlandsch indie 2-1/2 cent tahun 1857 1pcs,koin netherlandsch indie 2-1/2 cent tahun 1897 1pcs, dan
koin netherlandsch indie 2-1/2 cent tahun 1920 3pcs
Jika anda berminat bisa hubungi nomor ini 082349136698.
Teeima kasih.

Keong Balap #24 mengatakan...

Kira2 perkoin di ksh hrg brp y klo aq jual

Unknown mengatakan...

Koin 1908 dan 1945......dua biji....brapa harganya gan??

Unknown mengatakan...

Saya ada tahun 1928 dan juga 1972 kira kira berapa?

Dansah One mengatakan...

Saya punya 1 koin 2 1/2 tahun 1914.yg minat tlp 085654636403

Jubed Bondan mengatakan...

Saya punya koin kuno tahun 1913/1921/1922 NEDERLANDSCH kalau ada yang minat tlp 081939420941

Jubed Bondan mengatakan...

Saya punya koin kuno tahun 1913/1921/1922 NEDERLANDSCH kalau ada yang minat tlp 081939420941

Diaztiq Sari mengatakan...

saya punya coin kuno tahun 1858 ,1914,1915,1920,1945 Nerderlandsche + 1 $ Hong Kong Tahun 1867

Diaztiq Sari mengatakan...

Hubungi 087824100955

Diaztiq Sari mengatakan...

saya punya coin kuno Tahun 1858 1 bh, 1914 1 bh,1915 1 bh, 1920 2 bh, 1945 2 bh Nederlandsche & 1 bh $ Hong Kong 1867 PERAK Hubungi : 087824100955