Kamis, 17 November 2016

Logam Neth. Indies 2,5 cent


Pecahan 2,5 cent (disebut juga sebagai benggol) dibuat dari bahan tembaga seberat 12,5 gram. Terdiri dari 16 variasi tahun yang dimulai dari tahun 1856, 57, 58 (Willem III) diteruskan tahun 1896 s/d 1945 (Wilhelmina).



WILLEM III

Terdiri dari 3 variasi tahun :
1856, jumlah produksi : 2.480.000 keping
1857, jumlah 36.560.000 keping
1858, jumlah 40.990.000 keping














WILHELMINA

Terdiri dari 13 variasi tahun
1896, jumlah produksi 1.120.000 keping
1897, jumlah 18.105.200 keping
1898, jumlah 7.600.000 keping
1899, jumlah 10.400.000 keping
1902, jumlah 6.000.000 keping
1907, jumlah 3.000.000 keping
1908, jumlah 5.950.000 keping
1909, jumlah 3.060.000 keping
1913, jumlah 4.000.000 keping
1914, jumlah 22.000.000 keping
1915, jumlah 6.000.000 keping
1920, jumlah 48.000.000 keping
1945, jumlah 200.000.000 keping































Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa jenis benggol terlangka adalah emisi Willem III tahun 1856, disusul emisi 1857, 1858, kemudian emisi Wilhelmina 1896, 1907, 1909, 1913 dan tentu saja yang tebanyak adalah emisi 1945.
.
Harga perkeping coin benggol sangat bervariasi tergantung dari tahun emisi dan kualitasnya. Sebagai ilustrasi saya tampilkan harga menurut katalog Nederlands Indies terbitan Uitgeverij Zonnebloem BV, Amsterdam 1980, harga coin benggol dalam gulden (untuk mempermudah perhitungan biasanya dikalikan Rp.5000/gulden) adalah sbb:
.
1856 (5-55), 5 gulden harga untuk kondisi VG & 55 gulden untuk UNC
1857 (3-40)
1858 (3-40)
1896 (3-35)
1897 (1-12)
1898 (2-35)
1899 (2-30)
1902 (2-35)
1907 (3-40)
1908 (2-35)
1909 (3-35)
1913 (3-35)
1914 (1-20)
1915 (2-25)
1920 (1-13)
1945 (1-9)
.
.
.
.
Kritik dan saran harap hubungi arifindr@gmail.com

67 komentar:

Matthew mengatakan...

These prices are wrong.

From Standard Catalog of World Coins 2008:

For UNC:
1856: $200
1857: $60
1858: $60
1896: $200
1897: $40
1898: $60
1899: $40
1902: $40
1907: $40
1908: $40
1909: $60
1913: $60
1914: $12
1915: $40
1920: $22
1945: $2

for price in XF, VF, F, divide by 2, 4, or 8.

I.e.
UNC price $40
XF price $20
VF price $10
F price $5

No price below F is listed, but you could fairly divide by 2 again

I would grade/value your coins:

1856: VG - $6
1857: XF - $20 (downgraded because of discolouration)
1858: G (worn rims, shield almost gone) - $5
1896: Fair - $3
1897: F+ $7
1898 VG $3
1899: VF $10
1902: G - $2
1907: VF - $10
1908: VF - $10
1909: F - $6
1913: aF - $6
1914: XF - $6
1915: aF - $4
1920: XF - $6
1945: UNC - $3

andri mengatakan...

pak arifin sya punya uang benggol 2 1/2 cent. thn 1914.hrg skrgnya brp y per koiin nya?trims

ISAKA LHOKSEUMAWE mengatakan...

pak saya punya banyak coin nya sprti di gmbr, thn 1820-1937 ada yg model bolong tengah nya,1 peti pak?

wening dalam telaga diri mengatakan...

saya punya tahun 1856 tapi kondisinya sudah kusam...kalau ada yang mau boleh di tukar sama rokok djarum 76 senilai rp:7300

Dewi maryam mengatakan...

pak saya punya koin thn 1945 skrng harga perkoinnya berapa

sunarto mengatakan...

uang kuno logam...nederland... kalo yang tahun 1945 masih mudah ditemukan..

sadam nasution mengatakan...

saya punya yang tahun 1920 tuh pak

Lala Lulu mengatakan...

Saya punya satu yang tahn 1858

nur syahalam mengatakan...

Bahas juga dong koin perak netherlansch indie 1/4 G, 1/2G, 1G serta 2 1/2G yang seri willem dan wilhelmina. Makasih Pa Dokter...

Gorba Dom mengatakan...

Mohon dibahas juga 1 cent, 1/2 cent yang wihelmina, saya punya beberapa..

ahmad youreido mengatakan...

aku punya gan tahun 1856

uang coin logam luar juga punya

Alvin Suyanto mengatakan...

Cuman punya yg 1858 itu pun nemu di tambang timah

david jerry hermawan mengatakan...

Saya punya koin 2,5 sent tahun 1945,tapi kalau kondisi koin sudah berlubang(gara_gara dibuat gantungan kunci),laku brp yah ...? Thanks

porong up date mengatakan...

Dengan tingginya harga uang logam di atas terutama emisi yang sangat langka. Apakah pernah terjadi pemalsuan uang logam di atas??? Seperti uang seri soekarno palsu yang katanya bisa melengkung itu. Makasih...

JONTRI PASI mengatakan...

Aneh,koin saya kok gak termasuk dalam daftar ya?
Terbitan 1942.

Bintang Barcelona mengatakan...

Saya punya seperti gambar di atas 1920

Windy Agustian R mengatakan...

Sy punya 1857 sampai 1945

wonogiri batikonline mengatakan...

saya punya 1945 dan 1858...hihi...pagi tadi iseng ngejual dr beberapa lembar uang kuno alhamdulillah laku 200 ribu. nambah semangat deh lagian nemu ulasan di blog ini tambah pengetahuan...thanks pak, salam kenal...

zoelpn mengatakan...

saya punya banyk uang kertas Asli dan Koin zanan dahulu kala Swaktu Presiden Pertama Indonesia dan saya mengkoleksinya sampai sekarang...tdk mungkin saya sebut satu persatu uangnya...Wassalam dari KOta Sabang/Aceh Indonesia

Unknown mengatakan...

Sayaa punya benggol th 1945 tapi ama emak sya buat kerokan

Olieq Chandi mengatakan...

Saya punya banyak..
Warisan dari nenek . Macam2

Adi Beri mengatakan...

saya punya satu koin th 1909 sekarang laku berapa

Musta Aniv mengatakan...

Pagi pak... saya ada koleksi koin kuno luar negeri pak.. dinara,liberty,cents dll... thun rata2 1943-1967. Mau saya jual butuh uang pak.

Ika Mardiah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ika Mardiah mengatakan...

Saya punya dua keping 1 Gulden Wilhelmina. Terawat. Berminat?

Wulan Wullur mengatakan...

Saya punya koin itu

Wulan Wullur mengatakan...

Saya mempunyai koin netherlandsch indie 2-1/2 cent tahun 1857 1pcs,koin netherlandsch indie 2-1/2 cent tahun 1897 1pcs, dan
koin netherlandsch indie 2-1/2 cent tahun 1920 3pcs
Jika anda berminat bisa hubungi nomor ini 082349136698.
Teeima kasih.

Keong Balap #24 mengatakan...

Kira2 perkoin di ksh hrg brp y klo aq jual

Unknown mengatakan...

Koin 1908 dan 1945......dua biji....brapa harganya gan??

Unknown mengatakan...

Saya ada tahun 1928 dan juga 1972 kira kira berapa?

Dansah One mengatakan...

Saya punya 1 koin 2 1/2 tahun 1914.yg minat tlp 085654636403

Jubed Bondan mengatakan...

Saya punya koin kuno tahun 1913/1921/1922 NEDERLANDSCH kalau ada yang minat tlp 081939420941

Jubed Bondan mengatakan...

Saya punya koin kuno tahun 1913/1921/1922 NEDERLANDSCH kalau ada yang minat tlp 081939420941

Diaztiq Sari mengatakan...

saya punya coin kuno tahun 1858 ,1914,1915,1920,1945 Nerderlandsche + 1 $ Hong Kong Tahun 1867

Diaztiq Sari mengatakan...

Hubungi 087824100955

Diaztiq Sari mengatakan...

saya punya coin kuno Tahun 1858 1 bh, 1914 1 bh,1915 1 bh, 1920 2 bh, 1945 2 bh Nederlandsche & 1 bh $ Hong Kong 1867 PERAK Hubungi : 087824100955

Percetakan Hanif mengatakan...

Sy punya koin nederland 1920 sama 1945

Syefrieka Putra mengatakan...

Saya punya 1 koin kuno 2 1|2 nederlandsche 1857 yang minat hubungi 081280089800

Afryan Suhendra mengatakan...

saya punya beberapa uang koin dari tahun beragam,, koin VOC yang saya dapatkan dari hasil penggalian,, tahunnya berkisar 1790 sampai 1875,, ada juga uang logam dengan tulisan arab tanpa tanda baris dan ditengahnya berlubang,, saya tidak tau dari era mana atau jaman apa.. yang pasti itu koin sudah berumur ratusan tahun... yang minat hubungi 082283420099 email afryan.suhendra@gmail.com atau bisa ketemu langsung didaerah jakarta selatan,, lokasi barang ada di sumatera barat,. kalau ada yang minat dan sudah deal harga baru barang saya jemput ke sumbar,, dan penyerahan uangnya setelah barang ditangan pembeli dan pembeli memeriksa langsung dan yakin 100% itu asli.,

Afryan Suhendra mengatakan...

saya punya beberapa uang koin dari tahun beragam,, koin VOC yang saya dapatkan dari hasil penggalian,, tahunnya berkisar 1790 sampai 1875,, ada juga uang logam dengan tulisan arab tanpa tanda baris dan ditengahnya berlubang,, saya tidak tau dari era mana atau jaman apa.. yang pasti itu koin sudah berumur ratusan tahun... yang minat hubungi 082283420099 email afryan.suhendra@gmail.com atau bisa ketemu langsung didaerah jakarta selatan,, lokasi barang ada di sumatera barat,. kalau ada yang minat dan sudah deal harga baru barang saya jemput ke sumbar,, dan penyerahan uangnya setelah barang ditangan pembeli dan pembeli memeriksa langsung dan yakin 100% itu asli.,

sakroni bangkalan mengatakan...

Saya punya koin voc 1790 dan juga 1945 berani berapa,,,,?hubungi saya 081937231489 lokasi saya saat inijakarta utara

Heno Klinton mengatakan...

Say punya yang 2, 1/2 cent tahun 1857,kalo dijual harganya berapa ?

medianet angreksitu mengatakan...

Saya mempunyai koin netherlandsch indie 2-1/2 cent tahun 1845 @ 2 Keping kondisi baik dan terawat wa : 081321936424

Unknown mengatakan...

Saya punya coin 2 1/2 sen dan uang kertas 100 rupiah gambar perahu layar

Hari Purnama Boay mengatakan...

colek ane ada ni uang logam 2,5 cent tahun 1920 nederland indie bagi yg minat para colektor silahkan hub hari purnama 087711767557 @ purwakarta cek aslian nya

Madhiel Lontara mengatakan...

Saya punya Logam 2,5 cent Wilhelmina 1945, bagi yang berminat silahkan hubungi 082344989612. Lokasi Makassar

Madhiel Lontara mengatakan...

Saya punya Logam 2,5 cent Wilhelmina 1945, bagi yang berminat silahkan hubungi 082344989612. Lokasi Makassar

Abinya Rakarayi mengatakan...

Klau golden 2,5 cent tahun 1945 harganya brpa kang..sy pny 50 coin

Abinya Rakarayi mengatakan...

Klau golden 2,5 cent tahun 1945 harganya brpa kang..sy pny 50 coin

Willy Harish mengatakan...

Sya punya tahun 1920 an Harganya Satu Keping Brapa?

syafril Cell mengatakan...

Saya punya uang coin Tahun 1945 neterland hindie dua setengah sen minat Invite D2A4C223 atau telfon 083852803826 soal harga kita bicarakan berdua

Anil Sweet mengatakan...

ane pnya coin nederland thn 1899 minat g?

Wandi miftah08 mengatakan...

Saya punya gan 1/2 cent tahun 1935 itu langka loh gan ..koin nederlandsch

Timorest Thony mengatakan...

Saya punya 2 koin 2 1/2 nederlandsch indie 1914 koin besar dan 1858 koin kecil. Jika ada yg minat, 081 259 063 476

Timorest Thony mengatakan...

Saya punya 2 koin 2 1/2 nederlandsch indie 1914 koin besar dan 1858 koin kecil. Jika ada yg minat, 081 259 063 476

Timorest Thony mengatakan...

Saya punya 2 koin 2 1/2 nederlandsch indie 1914 koin besar dan 1858 koin kecil. Jika ada yg minat, 081 259 063 476

Timorest Thony mengatakan...

Saya punya 2 koin 2 1/2 nederlandsch indie 1914 koin besar dan 1858 koin kecil. Jika ada yg minat, 081 259 063 476

Aldi Zulfarizki mengatakan...

Saya ada uang logam dipanegara tahun 1952 ada 6 keping, dipanegara tahun 1955 ada 3 keping, dipanegara tahun 1957 ada 3 keping, nederlandsch indie 1c tahun 1936 ada 1 keping, nederlandsch indie 1c tahun 1938 ada 1 keping, nederlandsch indie 1c tahun 1945 ada 3 keping, nederlandsch indie 1c tahun 1929 ada 1 keping, nederlandsch indie 5c tahun 1913 ada 3 keping, nederlandsch indie 5c tahun 1922 ada 5 keping, nederlandsch indie 5c tahun 1921 ada 8 keping sama 20 cents singapre tahun 1981. Kalo minat hubungin saya 082258581749

Wat Pakis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Wat Pakis mengatakan...

Saya punya koin nederlan thun 1897 berani berapa bpk/ibu ini nomer saya 089610125067 posisi sekarang surabaya

Unknown mengatakan...

Saya punya koin nederlandsch 2 1/2 cent sama 1 cent berani berapa patok harga 17 jt...

Khaerul Hidayat mengatakan...

Saya punya koin nederlandsch 2 1/2 cent sama 1 cent berani berapa patok harga 17 jt...

Danu U mengatakan...

Saya punya benggol th 1919 hub. 085367556680

Raimond Sumilat mengatakan...

Saya punya koin nederlandsch indie 2 1/2 1857 (2 keping)
1858 (1 keping)
1898 (1 keping)
1914 (2 keping)
Dan 1945 (10 keping)
Bagi yang berminat hub no 082194404446

M.denish Firnanda mengatakan...

Saya punya coin nederl indie 1/4 G tahun 1921 ada 2coin minat hubungi 085345555472 dijamin langka

Cunik Cunik mengatakan...

Saya punya yg ada logo voc ma yg bolong klo minat 082134524040

evalyna sirait mengatakan...

Saya punya uang benggol 2,5 sent tahun 1945, 1 keping..
Minat, 082366349958