Kamis, 29 November 2012

1933-1939 (seri wayang)

Seri wayang merupakan seri paling favorit dan paling diburu oleh para kolektor. Bentuknya yang indah, nominalnya yang lengkap dan kesulitannya yang sangat besar menyebabkan seri ini mengalami kenaikan harga yang sangat luar biasa. Tidak heran banyak kolektor baik pemula maupun senior yang seringkali mengalami kesulitan untuk melengkapi seri ini.

Seri wayang terdiri dari 8 pecahan dan 14 variasi. Pecahan kecil (5, 10 dan 25 gulden) masing2 memiliki 3 variasi tanda tangan. Sedangkan pecahan besar hanya satu variasi.



Pecahan 5 gulden


Satu-satunya pecahan yang hanya bergambar satu orang penari Jawa, pecahan lainnya bergambar dua orang penari. Mempunyai watermark mirip seri Coen, yaitu tulisan JB yang tersebar di seluruh kertas. Pecahan terkecil ini adalah pecahan yang paling mudah didapatkan. Harga untuk kondisi fine cuma beberapa puluh ribu rupiah saja, tetapi untuk kondisi UNC saat ini sudah sekitar Rp.800 ribu perlembarnya.


Wayang 5 gulden



Variasi tanda tangan yang ada:

1. Praasterink (1934-1937), tersulit ditemukan

2. JC Waveren (1937-1939)

3. Smits (1939)



Wayang 5 gulden dengan 3 variasi tanda tangan




Pecahan 10 gulden

Pecahan ini juga relatif masih mudah ditemukan. Mempunyai watermark ombak vertikal, Harga perlembar untuk kondisi fine sekitar beberapa puluh ribu rupiah saja, tetapi untuk kondisi UNC sudah cukup sulit ditemukan.


Wayang 10 gulden



Pecahan ini juga terdiri dari 3 variasi tanda tangan:

1. Praasterink (1933-1934)

2. JC Waveren (1937-1938)

3. Smits (1939)



Wayang 10 gulden dengan 3 variasi tanda tangan




Pecahan 25 gulden

Bentuknya sudah lebih besar dari kedua pecahan sebelumnya, bergambar sepasang penari wayang. Uang dengan watermark bergaris zig-zag ini berharga sekitar 250 ribu rupiah perlembar untuk kondisi fine, sedangkan untuk kondisi UNC sudah di atas Rp. 2 juta. Apalagi untuk variasi tanda tangan yang sulit (Smits).


Wayang 25 gulden



Variasi yang ada :

1. Praasterink
2. JC Waveren
3. Smits, merupakan variasi tersulit sekaligus termahal



Wayang 25 gulden dengan 3 variasi tanda tangan


Pecahan 50 gulden
Mulai pecahan ini, bentuk uang sudah sangat besar dan cukup sulit ditemukan dalam segala kondisi. Memiliki watermark patung Hindu dan variasi tanda tangan hanya ada satu saja yaitu JC Waveren. Pecahan 50 gulden merupakan pecahan terakhir yang masih mungkin terjangkau oleh kebanyakan kolektor, harga untuk kondisi fine sekitar 1 juta rupiah sedangkan untuk kondisi EF sekitar 3 juta rupiah. Untuk kondisi UNC, saya tidak dapat memperkirakannya.


Wayang 50 gulden

Pecahan 100 gulden

Kebanyakan kolektor apalagi para pemula, sangat mungkin sudah tidak bisa memliki pecahan ini lagi. Selain cukup sulit, pecahan ini selalu mengalami kenaikan harga yang sangat pesat. Sekitar tahun 2001 harga uang ini untuk kondisi VF masih sekitar 4 juta, tetapi saat ini sudah mendekati angka 20 juta rupiah perlembarnya. Apalagi untuk kondisi yang lebih baik lagi. Pecahan 50, 100, 200, 500 dan 1000 gulden seringkali disebut sebagai wayang besar dan semuanya mempunyai tanda air yang sama yaitu patung Hindu.



Wayang 100 gulden


Pecahan 200 gulden

Pecahan ini jelas sangat-sangat sulit ditemukan dan bernilai sangat tinggi. Perkiraan harga untuk kondisi Fne sekitar 20an juta rupiah.



Wayang 200 gulden


Pecahan 500 gulden

Pecahan ini lebih sulit lagi ditemukan, dalam 5 tahun terakhir hanya sekitar 3 lembar saja yang pernah terlihat di pasaran. Harga untuk kondisi VF mungkin sudah melebihi angka 30 juta rupiah.


Wayang 500 gulden



Pecahan 1000 gulden

Merupakan pecahan terbesar sekaligus tersulit ditemukan. Sangat dicari oleh para kolektor, dan hampir tidak pernah terlihat di pasaran. Harga perlembar untuk kondisi fine sekitar 50 jutaan rupiah. Jangan heran hanya segelintir kolektor kelas kakap saja yang memilikinya.


Wayang 1000 gulden



Bentuk-bentuk lain

Selain versi beredarnya, seri wayang juga terdapat dalam bentuk lain yang sangat langka. Bentuk-bentuk tersebut antara lain:



1. Bentuk SPECIMEN bernomor seri AA 12345 - 67890

Terdapat dari pecahan 5 sampai 1000 gulden dengan tulisan SPECIMEN yang melintang, tanpa tanda tangan, tanggal fiktif dan perforasi angka 34-5-68. Harga seri ini sudah mengalami kenaikan yang pesat, dari sekitar Rp. 65-70 juta per set (2004) saat ini sudah dikisaran Rp.100 juta per set lengkap. Untuk gambar lengkapnya silahkan lihat KUKI nomor 135A s/d 142A


Wayang 1000 gulden SPECIMEN versi AA



2. Bentuk SPECIMEN bernomor seri jalan

Bernomor seri jalan tetapi dengan stempel SPECIMEN di beberapa tempat. Tanggal, nomor seri dan tanda tangan lengkap semuanya. Bentuk yang sangat langka dan bernilai jual tinggi. Beruntung ada seorang kolektor besar yang bermurah hati menyumbangkan gambar uang miliknya sehingga dapat kita nikmati bersama. Bentuk ini tidak tercantum di KUKI.



Wayang SPECIMEN bernomor seri jalan


3. Bentuk Proof (1)

Bentuk yang cukup aneh, bertanggal 3-10-33 tetapi mempunyai nomor seri YR 12345 - 67890, tidak bertanda tangan dan hanya dijumpai dalam bentuk pecahan 10 gulden. Para kolektor masih memperdebatkan bentuk ini, sebagian berpendapat bahwa uang ini merupakan uang yang petama kali dicetak sebelum diedarkan, terlihat dari tanggalnya yang sangat awal. Apapun hasilnya, jenis uang yang satu ini sangat langka dan tidak pernah terlihat dipasaran.


Wayang 10 gulden proof YR



4. Bentuk Proof (2)

Bentuk ini mempunyai nomor seri AA 12345-67890, mirip dengan bentuk SPECIMEN, tetapi tanpa tulisan SPECIMEN. Watermark mirip dengan bentuk yang beredar. Seri ini tidak pernah terlihat dipasaran, bahkan tidak terdapat di dalam katalog manapun.

Wayang 100 gulden proof AA



5. Bentuk Proof (3)

Satu lagi bentuk yang sangat-sangat langka, tanpa nomor seri, tanpa tanggal, tanpa tanda tangan. Benar-benar kosong. Sepertinya bentuk yang siap untuk dicetak. Tidak pernah terlihat di pasaran dan bernilai jual sangat tinggi.

Wayang 100 Gulden proof 'blank'




Wayang 200 Gulden proof 'blank'

6. Bentuk proof (4)

Bentuk terakhir ini sangat-sangat langka dan tidak pernah terlihat dipasaran dalam bentuk set lengkap. Bernomor seri WW 12345 dan 67890. Sebagian pecahan memiliki watermark yang berbeda dengan versi yang beredar. Saya coba tampilkan bentuk-bentuk langka tersebut.



Pecahan 5 gulden

Tampak 2 variasi warna pecahan 5 gulden, bentuk ini terbuat dari kertas yang agak tebal dan tidak mempunyai tanda air. Tidak tercantum dalam katalog apapun. Variasi yang pertama tercetak hanya pada satu sisi sedangkan variasi kedua tercetak bolak balik.


Wayang 5 gulden proof seri WW dengan 2 variasi warna


Pecahan 10 gulden

Selain mempunyai warna yang berbeda dengan versi yang beredar, juga berbeda di bagian belakangnya yaitu di bagian text undang-undang. Perhatikan perbedaannya. Variasi ini tidak tercantum di dalam katalog.


Wayang 10 gulden proof seri WW




Perhatikan perbedaan letak text undang2 antara versi proof (atas) dengan versi beredarnya (bawah)


Pecahan 25 gulden

Ditampilkan 2 contoh variasi warna yang berbeda dengan versi beredarnya. Tidak bertanda air, mempunyai gambar yang sedikit berbeda dengan versi beredar dan juga tidak pernah terlihat di katalog manapun.


Wayang 25 gulden proof seri WW dengan 2 variasi warna





Perhatikan perbedaan dengan versi yang beredar (bawah) bagian manakah yang berbeda?



Pecahan 50 gulden.

Mempunyai warna, watermark dan tanda tangan yang berbeda, tercantum di KUKI nomor 138B. Sangat langka dan bernilai tinggi.
.


Wayang 50 gulden proof seri WW beda warna




4 macam variasi warna yang berbeda, yang manakah versi yang beredar?


Pecahan 100 gulden

Seperti pecahan 50 gulden, pecahan 100 gulden ini juga berbeda dalam warna, watermark maupun tanda tangannya. Tercantum di katalog nomor 139B. Harga jual terakhir berkisar di angka 30 juta rupiah.
.

Wayang 100 gulden proof seri WW beda warna



Perhatikan teks undang2 yang berbeda antara versi proof (atas) dengan versi beredar (bawah)

.
Pecahan 200 gulden

Memiliki warna dan tanda tangan yang berbeda dengan versi yang beredar. Tetapi watermark sama yaitu patung Hindu. Tercantum di katalog pada nomor 140B.


Wayang 200 gulden proof seri WW
.

Pecahan 500 gulden

Juga memiliki warna yang berbeda dengan versi beredarnya, tercantum di katalog nomor 141B. Harga jual tidak diketahui.



Wayang 500 gulden proof seri WW




Pecahan 1000 gulden

Demikian juga dengan pecahan terbesar yaitu 1000 gulden memiliki warna yang berbeda dengan versi beredarnya. Tercantum di KUKI nomor 142B.
.


Wayang 1000 gulden proof seri WW


Wayang 1000 gulden proof seri WW berbeda warna


Selain versi2 di atas sangat mungkin terdapat versi2 lainnya yang sangat langka dan tidak pernah beredar di pasaran. Salah satunya adalah artist drawing, seperti apa bentuknya akan dibahas dilain kesempatan. Bila ada diantara para pembaca yang memiliki versi2 lainnya, silahkan hubungi saya di arifindr@gmail.com

Tidak ada komentar: