Senin, 23 Januari 2017

25. Security Printing






Untuk memperkenalkan produk yang dihasilkannya, maka suatu perusahaan akan membuat semacam brosur. Demikian juga dengan perusahaan pencetak uang yang ada di Indonesia yaitu Perum Peruri. Karena salah satu produk yang dihasilkan oleh Perum Peruri adalah uang kertas, maka brosur yang dibuatpun menyerupai uang kertas. Brosur seperti ini berisi semua fitur keamanan yang terdapat dalam uang kertas seperti benang pengaman, tanda air, tinta berpendar, dan segala macam tehnologi keamanan terkini. Brosur seperti ini seringkali disebut sebagai Security Printing.

Security Printing (SP) tidak diperjualbelikan, melainkan dibagikan secara gratis kepada para client sewaktu ada even2 tertentu. Misalnya sewaktu ada pameran atau simposium tehnologi percetakan uang kertas di German, maka semua perusahaan percetakan uang kelas dunia yang hadir membuat SP nya masing2 dan dibagikan kepada masing2 peserta.

Perum Peruripun tidak mau ketinggalan. Mereka tentu mau memperkenalkan kemampuannya, dan untuk itu dibuatlah berbagai macam SP yang berisi semua fitur keamanan terkini. Beberapa SP yang dibuat oleh Perum Peruri adalah:


Berbagai macam SP Perum Peruri




1. Security Printing 2001

Pada ulang tahunnya yang ke 30, Perum Peruri menerbitkan buku berjudul Tri Dasa Warsa Perum Peruri. Pada buku tersebut dilampirkan brosur berupa SP bergambar Affandi.


Buku Tri Dasa Warsa Perum Peruri







Di halaman tengahnya terlampir SP Affandi



Security Printing 2001 "Affandi"



Selain dalam bentuk buku, SP Affandi juga dibagikan dalam bentuk satuan ataupun folder yang berisi keterangan lengkap tentang fitur keamanan yang dapat dibuat oleh Perum Peruri.




SP Affandi dengan folder


Banyak sekali fitur keamanan yang terdapat pada SP ini, salah satunya adalah tinta berpendar. Mari kita lihat seperti apakah bila SP Affandi dihadapkan di bawah sinar ultra violet :




SP Affandi di bawah sinar UV, terlihat warna warni yang sangat indah



2. Security Printing 2004

Dengan berkembangnya jaman, maka ilmu percetakan juga ikut berkembang. Karena itu Perum Peruri perlu membuat brosur yang berisi fitur keamanan yang lebih hebat lagi. Dibuatlah SP yang lebih canggih lagi yaitu SP bergambar macan yang dikeluarkan pada tahun 2004.




Security Printing 2004 'Macan'



Seperti halnya SP Affandi, maka SP macan juga dibuat dalam bentuk folder. Tentu saja fitur keamanan yang terdapat pada SP macan lebih hebat dibandingkan SP Affandi. Terdapat 24 fitur keamanan (Affandi 22 fitur) dan salah satunya berupa benang pengaman yang dianyam.





SP macan dengan folder


Bila dilihat di bawah sinar UV maka akan tampak warna warni yang sangat indah.



SP macan 2004 di bawah lampu UV



3. Security Printing 2008

Kali ini Peruri mengeluarkan SP yang berisi kemampuannya dalam mencetak intaglio, suatu tehnologi yang umum digunakan dalam mencetak uang kertas dan dokumen yang memerlukan tingkat keamanan kelas tinggi. Bekerjasama dengan SICPA produser security ink dan JURA JSP produser security software, Perum Peruri mengeluarkan souvenir note bergambar Jendral Sudirman. SP ini berukuran besar, satu sisi dan berisi tehnologi cetak intaglio yang termodern, dengan gambar yang sangat halus, tajam dan tentu saja dengan tinta berpendar yang sangat indah.



Security Printing 2008 'Sudirman'





SP Sudirman dengan folder



SP Sudirman di bawah sinar UV


Selain ketiga SP tersebut sebenarnya Perum Peruri juga pernah mengeluarkan SP lainnya, salah satu contohnya bergambar gedung dan wayang seperti pada gambar berikut ini. Sayang sekali informasi penerbitan SP ini belum berhasil saya temukan.


Security Printing Perum Peruri tahun .......?



SP tidak diperjualbelikan. SP dicetak dalam jumlah terbatas dan dibagikan secara gratis. Tentu saja bukan kepada umum melainkan kepada client2nya sewaktu diadakan seminar atau pameran. Bila teman-teman ada yang ingin mendapatkannya silahkan hadir pada pameran2 dimana Perum Peruri menjadi salah satu pesertanya. Bila tidak berhasil maka dapat diusahakan untuk memintanya secara langsung, atau bila terpaksa maka dapat dibeli dari toko-toko penjual perangko atau uang kuno. Seringkali SP dijual dengan sistem lelang, seperti yang saat ini sedang berlangsung di New York, Amerika. Beberapa lembar SP bergambar Washington dan Lincoln Memorial Center cetakan Giore di lelang dengan harga estimasi US$250-$500. Di Ebay pun sering terdapat berbagai macam SP yang dilelang, termasuk juga SP terbitan Peruri.


Selain SP Peruri, hampir semua percetakan uang pernah membuat SP. Bahkan ada kolektor-kolektor tertentu hanya mengumpulkan SP dari seluruh dunia. Mari kita lihat beberapa contoh SP dari berbagai percetakan :



Serbia, dalam memperingati 80 tahun institut Zin-Belgrad



German, Giesecke & Devrient



De La Rue Giori, bergambar Beethoven






ABNC yang dibagikan pada Australian Expo 1988



Thomas De La Rue




Kazackstan




De La Rue Giori, bergambar Leonardo Da Vinci



Jon Enschede, Belanda




Giori


Selain bentuk-bentuk di atas, ternyata juga ada bentuk uncutnya






Jakarta 9 Oktober 2010

Kritik dan saran hubungi arifindr@gmail.com

3 komentar:

temukan cara mengatakan...

Artikel tentang uang kuno yang sangat menarik...

miller indigo mengatakan...

Software desain security printing, wa aja ke 081901949966

Muhammad Mirza mengatakan...

Ane punya tu Test Note gambar wayang , Tapi masih belum dapat info tu cetakan tahun berapa, Jadi makin penasaran ni :D