Senin, 23 Januari 2017

17. Kesalahan Cetak Yang Disengaja

Kesalahan cetak atau........?

Setelah kita membahas dengan panjang lebar rahasia nomor seri JP Coen (yang mudah-mudahan bisa dimengerti) sekarang kita akan membahas suatu rahasia yang belum pernah dipublikasikan sama sekali. Berupa apakah itu?


Setiap uang kertas yang akan diedarkan pasti melewati berbagai tahap penyaringan yang luar biasa ketat. Apalagi sewaktu pembuatan plat induk yang dikerjakan dengan sangat teliti dan diperiksa berulang kali. Sangat kecil kemungkinan adanya kesalahan cetak yang berasal dari plat induk, yang ada biasanya kesalahan dalam proses mencetak seperti pada misprint dan miscut.


Nah, sekarang kita ambil selembar uang macan 500 rupiah 1957. Kita perhatikan dengan sangat teliti dibantu dengan kaca pembesar. Ada apakah gerangan di uang tersebut?


Macan 500 rupiah 1957


Kita perhatikan latar belakang uang ini dengan menggunakan kaca pembesar, perhatikan angka 500 yang tercetak berderet dengan sangat rapi.






Kita perbesar lagi, perhatikan angka 500 nya, semua sama bentuknya




Bila masih kurang jelas, saya perbesar lagi. Perhatikan baik-baik, semua angka 500 nya sama bukan?






Perhatikan semua angka 500 yang tertera di kertas uang tersebut......
Apakah sama semuanya?
Perhatikan dengan sangat teliti satu demi satu...................
Sama?


Tidak usah tergesa-gesa. Uang ini sudah menunggu lebih dari 50 tahun, jadi santai saja.


Apa jawaban teman-teman sekalian?
Apakah semua angka 500 nya sama?



Ooops! Ternyata ada satu yang tidak sama..........
Apakah ada yang tahu dimana letaknya?



Angka 500 yang benar (kiri) dan yang tidak benar (kanan)


Dimana letaknya? Ada yang tahu?


Angka 500 yang 'tidak benar'

Perhatikan baik-baik angka 500 yang ada di salah satu bagian uang tersebut. Ada perbedaan dengan angka 500 lainnya, yaitu ada satu garis vertikal di angka nol terakhirnya, perhatikan gambar di atas. Apakah sudah terlihat dan terlokalisir dengan benar?


Timbul pertanyaan, mengapa ada 'cacat' pada uang kertas yang seharusnya sempurna? Bukankah sebelum diedarkan telah dilakukan pemeriksaan yang ekstra ketat? Mengapa cacat tersebut bisa lolos?
Jawabannya adalah: Kelainan tersebut BUKAN cacat yang tidak disengaja, tetapi cacat yang SENGAJA DIBUAT.


Loh?? Cacat yang sengaja dibuat? Apa engga salah?
Bagaimana ceritanya nih?



Setiap uang kertas yang diedarkan, pasti memiliki kemungkinan untuk dipalsukan. Ditahun 1957 belum ada mesin foto copy sehingga kalau ada pemalsuan kemungkinan besar dengan cara dicetak dengan menggunakan plat palsu. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut maka plat asli sengaja dibuat tanda yang tidak terlalu mencolok sehingga tidak terlalu diperhatikan oleh para pemalsu. Tanda yang seakan-akan cacat cetak tersebut sebenarnya merupakan kode rahasia yang SENGAJA dibuat untuk mengidentifikasikan bahwa uang tersebut benar-benar berasal dari plat induk yang asli.


Sebagai bukti akan saya lampirkan satu buah proof (Inspection Die Proof) macan yang memuat kode rahasia tersebut.



Bila diperbesar akan terlihat dengan jelas bahwa kelainan pada angka 500 tersebut dibuat dengan sengaja. Tanda bulatan merah bukan dibuat oleh saya, melainkan asli tercetak di kertas uangnya.


.
Proof pada uang kertas dibedakan berbagai macam tingkatan, karena belum adanya konsensus dan kurangnya informasi maka untuk sementara dipakai istilah yang digunakan pada perangko yaitu:
1. Aprroved proof yang masih berisi coret2an
2. Master Die Proof (bentuk sudah final) dibagi lagi
Inspection Die proof (hitam putih)
Delux Die Proof (berwarna)
Trial Colour Proof (warna berbeda-beda)
Progresive Colour Proof (separasi warna)
3. Final Proof
Baru setelah itu dibuat bentuk SPECIMEN nya


Dengan demikian jelas, bahwa setiap uang kertas Indonesia mempunyai kode rahasia yang sengaja dibuat untuk mencegah pemalsuan. Kode tersebut bukan hanya satu macam pada setiap lembar tetapi bisa beberapa macam. Kita tentu salut kepada para perancang dan pembuat uang-uang tersebut, yang telah memikirkan berbagai cara untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya pemalsuan.


Sekarang teman-teman bisa mengamati dengan teliti apakah uang macan milik teman-teman semua berasal dari plat yang asli atau bukan. Bila angka 500nya tidak ada yang 'cacat' berarti uang tersebut sangat mungkin berasal dari plat yang palsu.

Bagaimana dengan pecahan-pecahan lainnya? Setiap uang kertas pasti mempunyai kode rahasia yang sudah tentu tidak sama letak dan jenisnya. Untuk pengetahuan kita bersama saya hanya membahas satu jenis saja sedangkan untuk jenis lainnya silahkan teman-teman pelajari dan amati masing-masing dengan teliti.

.
Semoga Info Uang Kuno ini dapat menambah dan membuka wawasan kita semua.
BRAVO NUMISMATIKA INDONESIA



Kode rahasia pada Inspection Die Proof beberapa jenis uang kertas Indonesia


Jakarta 2 Juli 2010
Kritik dan saran hubungi : arifindr@gmail.com

3 komentar:

Waroeng Ophoeng mengatakan...

Salam kenal.

Hai, apakabar? Sudah makan?

Tertarik oleh 'pengaman' berupa salah cetak ini. Saya pernah diajari ttg hal ini dalam pembuatan stempel perusahaan, yang sengaja dibuat 'cacad' dan hanya diketahui oleh kalangan terbatas.

Dalam hal uang kertas, semestinya 'rahasia' ini tidak untuk dipublikasikan. Bagaimana anda bisa mendapat die proof dengan kode-kode rahasia pengamannya ya?

Terima kasih.
Ophoeng

sunarto mengatakan...

Artikel tentanguang kuno yang menarik

Akhmad Choyri mengatakan...

Keren abis infonya.....