Senin, 23 Januari 2017

3. Grading

Grading dalam numismatik sangatlah penting. Begitu banyak yang harus diperhatikan dalam menilai kualitas suatu uang kertas, sehingga sangat-sangat sulit bagi seseorang untuk mengetahui grade sebenarnya dari uang kertas miliknya.

Memang kita dapat menilainya sendiri dengan cara pengamatan langsung, tetapi tidak jarang hasil yang didapat tidak sesuai dengan kenyataannya. Kita cenderung menilai berlebihan untuk barang2 milik sendiri yang mau dijual dan sebaliknya menilai lebih rendah barang2 yang mau kita beli. Untuk itu dibutuhkan pihak ketiga yang tidak terlibat dalam transaksi sehingga hasil yang didapat lebih mendekati kenyataan alias fair.

Salah satu pihak ketiga yang cukup mempunyai nama di dunia numismatik adalah suatu badan/organisasi grading internasional yang mempunyai cabang di banyak negara. Badan ini disebut PAPER MONEY GUARANTY (PMG) yang didirikan sejak tahun 2005. PMG mempunyai cabang hampir di seluruh dunia termasuk di Singapore, Taiwan dan Korea Selatan. Bila kita berminat untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya dari uang-uang koleksi kita, maka kita dapat mengirimnya ke dealer PMG terdekat.



Proses yang dilakukan oleh PMG adalah sbb:



1. Menerima (Receiving)


Semua uang kertas yang diterima oleh PMG akan dimasukkan data2nya ke dalam komputer, kemudian diberikan label dan dimasukkan ke dalam plastik pelindung.



2. Grading


Grading dilakukan minimal oleh 3 orang tenaga profesional yang sangat berpengalaman di bidangnya. PMG memberikan nilai dari 1 (Poor) sampai dengan 70 (Seventy Gem Uncirculated). Selain itu ada juga nilai tambahan yaitu EPQ (Exceptional Paper Quality) untuk uang2 yang tidak pernah diproses baik secara fisik, kimia maupun mekanik. Nilai 65 ke atas (Gem UNC) harus disertai EPQ, bila tidak maka nilai tertinggi hanya sampai di angka 64 (Choice UNC). Nilai terendah yang bisa mendapatkan gelar EPQ adalah 30 (Very Fine). Dari sini terbukti bahwa segala proses yang dilakukan terhadap uang kertas hanya akan menurunkan gradenya dan tidak akan mendapatkan nilai EPQ.
Nilai-nilai tersebut adalah sbb:

CU 70 Seventy Gem Uncirculated
CU 67–69 Superb Gem Uncirculated
CU 65–66 Gem Uncirculated
CU 63–64 Choice Uncirculated
CU 60–62 Uncirculated
AU 50, 53, 55, 58 About Uncirculated
XF 40, 45 Extremely Fine
VF 20, 25, 30, 35 Very Fine
F 12, 15 Fine
VG 8, 10 Very Good
G 4, 6 Good
AG 3 About Good
FR 2 Fair
PR 1 Poor



Arti dari masing-masing angka adalah sbb:

Dari tabel terlihat bahwa definisi uncirculated (UNC) pun ada tingkatannya :
60-62 : UNC
63-64 : Choice UNC (orang sini sering menyebutnya full UNC)
>65 : Gem UNC (sebagian penjual menyebutnya super UNC)
Bagaimana dengan UNC kategori kita? Kebanyakan mengatakan asalkan engga ada tekukan udah disebut UNC. Padahal tidak semudah itu.


3. Pengemasan (Encapsulating)
Setelah selesai di grading, uang akan dikemas dengan plastik tebal, disegel dan diberikan keterangan/deskripsi mendetail tentang jenis, nomor seri dan kondisi uang tersebut. Hasilnya terlihat seperti pada gambar di bawah ini :


PMG dengan nilai 68 EPQ (Gem UNC)
Nilai yang tertera di sudut kanan atas (68) adalah nilai uang tersebut yaitu Gem UNC yang disertai juga dengan nilai tambahan EPQ. Semakin tinggi nilainya tentu semakin bagus kondisi uang tersebut.

4. Pengiriman (Shipping)
Setelah dikemas maka uang akan diperiksa ulang sebelum dikembalikan ke pemiliknya semula.
Biaya
Semua ini tentu membutuhkan biaya, berapa besar biaya yang dibutuhkan?
$125 untuk uang apapun dan selesai dalam 24 jam
$85 untuk uang yang bernilai s/d $10000, dibutuhkan waktu 3 hari kerja
$45 untuk uang yang bernilai s/d $3000, waktu yang dibutuhkan 14 hari kerja
$30 untuk uang di bawah $1000 (minimum 5 buah), waktu 21 hari kerja
Selain itu tentu ada biaya2 tersendiri untuk pelanggan ataupun borongan. Juga ada biaya lagi untuk mengganti kemasan yang sudah lama ataupun rusak.


Mungkin sebagian besar dari kita mengatakan mahal, tetapi uang2 yang telah di grading oleh PMG mempunyai nilai jual yang jauh lebih tinggi, sehingga sangat mungkin harga fee nya menjadi tidak berarti bila dibandingkan dengan kenaikan harga jualnya.


70 EPQ
Nilai 70 EPQ merupakan nilai tertinggi (sempurna) yang bisa diperoleh oleh PMG, dari ratusan ribu uang kertas yang telah di grading oleh PMG hanya ada satu lembar yang memenuhi kriteria 70 EPQ, yaitu pecahan $1 1935G Silver Certificate Fr.1616 (Fr.1616 menyatakan nomor uang tersebut berdasarkan katalog Paper Money of the United States by Arthur and Ira Friedberg). Uang ini merupakan uang yang pertama dan satu-satunya yang mendapatkan nilai sempurna 70 EPQ.
Dari sini dapat disimpulkan bahwa sebenarnya hampir tidak ada uang kertas yang berkondisi sempurna. Maka istilah super UNC yang sering kita pakai sebenarnya tidaklah tepat.
Satu2nya uang kertas dengan nilai sempurna yaitu 70 EPQ
Bagi teman2 yang berminat mengetahui seluk beluk grading PMG lebih lanjut, baik lokasi, cara maupun biaya sesungguhnya silahkan klik website berikut: http://www.pmgnotes.com/index.asp
Info uang kuno berikutnya akan membahas hubungan antara nomor seri dan tahun emisi pada pecahan 100.000 (2004, Sukarno-Hatta). Untuk itu mulai sekarang harap teman2 memperhatikan prefiks (3 huruf) dari nomor seri pecahan tersebut, bila ada yang menemukan prefiks dengan huruf kedua di atas huruf E (misalnya -F-, -G-, -H-, dst) silahkan email ke penulis. Prefiks tidak berlaku untuk huruf X.
Semoga pengetahuan ini bermanfaat.
Salam numismatik

2 komentar:

UANG KUNO INDONESIA mengatakan...

Informasi fresh dan sangat bermanfaat,...sukses selalu Numismatik Indonesia dan Salam Numismatik !

sunarto mengatakan...

Artikel tentanguang kuno yang menarik