Sabtu, 17 November 2012

31. Rp.100 (1992) 'PL'


Kita semua tentu mengetahui tentang uang yang satu ini, 100 rupiah emisi 1992 yang sering disebut sebagai 100 PL (Perahu Layar). Banyak sekali persepsi yang salah mengenai uang ini, mari kita bahas satu persatu.


100 rupiah 1992 'PL'

1. Banyak orang berpendapat uang ini sangat langka sehingga bernilai jual tinggi.
Kenyataannya, uang ini sangat banyak dan relatif mudah ditemukan. Jangankan cuma satu gepok berisi 100 lembar, yang masih berbentuk brut pun berisi 1000 lembar juga masih ada. Harga perlembar sekitar 1000-2000 rupiah tetapi untuk per gepok harga pasaran cuma 50-60 ribu rupiah saja. Baru-baru ini ada penjual yang menawarkan uang ini dalam jumlah nominal 7 juta rupiah, alias 70.000 lembar = 700 gepok = 70 brut!


100 rupiah 1992 mudah ditemukan dalam jumlah banyak


2. Emisi tahun 1992/92 sangat langka dan bernilai jual tinggi
Kenyataannya : Memang demikian adanya, nilai jual yang emisi 92/92 agak lebih tinggi daripada emisi lainnya, tetapi tidak sampai kebangetan. Rata2 perlembar bernilai Rp.5 ribuan.

3. Uang ini ada yang memiliki benang pengaman
Kenyataannya : Sampai saat ini saya dan teman-teman tidak pernah menemukan variasi yang memiliki benang pengaman. Yang ada adalah melipat uang ini sampai patah kemudian diluruskan lagi dengan cara di press sehingga garis lipatannya seakan-akan mirip dengan benang pengaman. Jadi ada unsur penipuan.

4. Uang ini ada yang memiliki tulisan Perahu Layar
Uang Rp.100 PL walaupun disebut sebagai PL (Perahu Layar) tetapi dalam kenyataannya yang tercetak di kertas uang adalah Perahu Phinisi. Saya pernah mendapat tawaran adanya varian yang bertulisan Perahu Layar, bukan Perahu Phinisi. Maka dengan segera saya datangi untuk melihat dengan mata kepala sendiri. Ternyata tulisan Perahu Layar yang tertera di kertas uang bukan asli dari percetakan. Melainkan rekayasa dengan cara menghapus tulisan Perahu Phinisinya dan diganti dengan Perahu Layar. Tentu perbuatan ini menggunakan printer berwarna. Sekali lagi ada unsur penipuan.


100 rupiah PL dengan tulisan PERAHU LAYAR

5. Uang ini dapat dirubah oleh orang sakti (atau dukun) menjadi pecahan 100 ribu rupiah.
Untuk yang satu ini saya engga banyak komentar. Bila ada yang percaya saya sih engga bisa larang. Hal inilah yang menyebabkan uang PL ini dicari oleh banyak pihak. Beberapa tahun yang lalu banyak sekali orang2 yang percaya mencari dan membeli uang ini dalam jumlah sangat banyak, harga menjadi tinggi sekali, tetapi karena tidak terbukti maka secara lambat laun harga mulai turun dan stok di pasaran mulai melimpah.

6. Ada lagi rumor terbaru : Uang ini ada yang bertahun 1982!
Sudah pasti rumor tersebut salah, tidak pernah ada Rp.100 PL yang bertahun 1982. Bagi yang memiliki coba perhatikan angka 8 nya, sangat mungkin angka 9 yang sengaja diubah menjadi 8.


Nah itu sebagian mitos yang beredar perihal uang 100 PL ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan kita wawasan yang lebih luas dan semua kesalahpahaman dapat diluruskan.



Jakarta 22 Januari 2011
Kritik dan saran hubungi arifindr@gmail.com

6 komentar:

Ifan mengatakan...

Saya tertarik dengan pembahasan uang Rp.100,- PL
Mungkin cerita saya bisa mengurai sedikit kesimpang siuran tentang “Rp.100,- PL”
Ditempat tinggal saya di Kalimantan Timur saya menyaksikan langsung seorang penjual barang antik (termasuk uang kuno) menjajakan barang dagangannya. Uang tersebut ter identifikasi dengan sebutan “ Rp.100,- PL tahun 1982” dengan kisaran harga yang ditawarkan 5 jt s.d 15 jt per lembar tergantung grade. Uang ini mirip dengan Uang Pecahan “Rp.100,- tahun 1977 gambar badak”. Bila diamati dengan teliti pada tulisan tahun "1977" sengaja dihapus dan diganti "1982" Pada bagian belakang ada tambahan gambar perahu layar yang di cetak dengan sangat kasar pada bagian kiri persis di atas area tanda air. Dari informasi yang saya peroleh uang ini menjadi sangat dicari karena mengadung unsur mistis (uang yg telah dimantrai) yang menjadi sugesti bagi pemiliknya. Informasi lainnya gambar perahu layar tersebut dicetak menggunakan tinta dari "darah" (wallahualam)

Yon212 mengatakan...

Saya benar-benar baru terbuka nalar saya setelah membaca informasi tentang uang kuno. Selama ini saya benar-benar buta dan tidak tahu informasi yang sesungguhnya mengenai uang-uang kuno yang ternyata banyak diperbincangkan dan diburu orang tanpa dasar informasi dan pengetahuan yang cukup tentang uanh kuno. Sehingga banyak sekali orang yang terpedaya atau bahkan tertipu oleh tindakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Untuk itu saya ingin bertanya, adakah uang seri Soekarno yang bergambar palu arit atau bertuliskan lafal Allah (huruf hijaiayah)?
Karena banyak dicari orang dan konon kabarnya harganya sangat mahal.

Terima kasih
Yon212

Yon212 mengatakan...

Informasi disini sangat bagus sehingga dapat menyadarkan orang yang sesungguhnya tidak tahu, tapi sok berlagak tahu.

Temukan Pengertian mengatakan...

Dalam buku katalog uang kertas yang tercantum itu uang 100 rupiah prahu pinishi 1992, sekarang ini malah marak beredar uang-uang editan.... jadi bagi para kolektor-koletor baru sebaiknya memperlajari buku katalog uang kuno dan belajar juga di websitenya bapak arifin ini..

heriy mengatakan...

100 rupiah 1992 itu perahu phinisi bukan perahu layar

anonymous mengatakan...

uang kuno 1000 rupiah 1992 1 gepok berapa pak?