Selasa, 24 Januari 2017

45. DE JAVASCHE BANK 5 GULDEN 1942

Teman-teman pasti sudah mengetahui uang yang satu ini.
Pecahan 5 gulden De Javasche Bank bertanggal 15 Januari 1942 dengan stempel SPECIMEN berwarna merah yang melintang di kedua sisi, serta perforasi tertulisan BETAALD.

Sekitar tahun 1995 uang ini cukup mudah ditemukan dan bernilai biasa-biasa saja, waktu itu harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan harga wayang 25 gulden kondisi baik. Uang ini juga hampir selalu ditawarkan pada setiap lelang baik lokal maupun internasional, tetapi saat ini sudah mulai agak sulit ditemukan. Harga juga sudah mulai merangkak naik menjadi sekitar Rp.2,5 -Rp.2,7 juta perlembar (2011).




Uang bernomor urut H-151 (KUKI) atau P-86 (Pick) ini bergambar flora dengan dominasi warna biru kehitaman di bagian depan serta merah kecoklatan di bagian belakang. Uang ini tidak sempat diedarkan karena Belanda keburu menyerah kepada tentara Nippon sekitar bulan Maret 1942. Uang ini hanya terdapat dalam bentuk SPECIMEN, memang ada rumor yang menyatakan ada versi beredarnya yang tidak berstempel SPECIMEN. Katalog Pick edisi 2008 pun mencantumkannya sebagai variasi issued. Beberapa teman kolektor menyatakan pernah melihatnya tetapi sampai sekarang saya belum bisa mendapatkan gambar sebagai bukti otentiknya.

Bila uang ini dihadapkan pada cahaya, maka akan tampak tanda air berupa garis zigzag dengan tulisan J dan B silih berganti, mengingatkan kita pada uang kertas seri Coen. Memang tidak sebagus dan sejelas tanda air seri Coen, tetapi cukup memadai mengingat uang ini bukan dicetak oleh percetakan terkenal Johan Enchede melainkan dicetak di Batavia oleh percetakan G Kolff & Co.

Tanda air berupa garis zigzag dengan huruf J dan B silih berganti




Benar, uang ini dicetak oleh percetakan yang ada di Batavia yaitu G Kolff & Co karena tertera dengan jelas di sudut kiri bawah bagian belakang uang (gambar atas). Percetakan ini terletak di jalan Pecenongan nomor 72 Batavia dan sayangnya saat ini sudah tidak tersisa lagi, berubah menjadi sebuah hotel berbintang.

Percetakan dan toko buku Kolff and Co di Batavia



Tidak seperti uang specimen lainnya yang bernomor seri 000000 atau 123456, uang ini memiliki nomor seri yang unik yaitu KO 003016.
Pernahkah teman-teman bertanya mengapa demikian?

Nomor seri uang 5 gulden 1942



Pendapat beberapa teman termasuk tulisan pak Adi Pratomo di Jurnal Rupiah telah mengusik keingintahuan saya. Pencarian dan riset dilakukan dan atas petunjuk buku Jurnal Rupiah serta bantuan yang tak ternilai dari pak Alim Sumana, maka pertanyaan tersebut dapat dijawab bukan hanya dengan perkiraan tetapi berdasarkan bukti otentik.


Beberapa saat yang lalu saya mendapatkan pinjaman sebuah buku langka dari pak Alim Sumana yaitu buku telepon Batavia edisi bulan Mei tahun 1939. Sungguh luar biasa, buku yang berumur 70 tahun lebih tersebut masih berkondisi sangat baik.



Dengan hati-hati saya bersama beliau membuka halaman demi halaman, mencari bukti dari rumor yang selama ini belum terjawab. Sampai akhirnya pada halaman 155, atau tepatnya di bagian index tercantum :




Eureka!!
Ternyata angka 3016 diambil dari nomor telepon Kolf.
Bukti telah terpampang di hadapan kita, dengan demikian semua rumor dapat dijelaskan dengan pasti : Nomor seri 3016 bukan diambil sembarangan dan bukannya tidak memiliki arti, nomor seri tersebut merupakan nomor telefon percetakan G Kolff & Co.
KO kemungkinan besar merupakan singkatan dari Kolff Offsetdrukkerij sedangkan 3016 adalah nomor teleponnya. Rupanya Kolff mengadakan promosi secara diam-diam pada uang kertas hasil cetakannya.


Pertanyaan berikutnya yang timbul adalah: Nomor telepon Kolff yang terdapat pada buku tersebut ada beberapa buah, 3015 sampai dengan 3019. Mengapa yang dipakai adalah yang 3016, bukannya yang lain? Untuk itu saya juga mendapatkan bantuan tak ternilai lainnya dari pak Alim Sumana, yaitu sebuah buku langka berjudul Penundjuk Telepon Djakarta edisi 1 Djuni 1956.



Di dalam buku tersebut terdapat selembar halaman yang mencantumkan nomor telepon G.Kolff & Co. Dan pada halaman tersebut terpampang dengan jelas bahwa nomor 3016 merupakan nomor telepon bagian percetakan (for printing).





Dengan adanya bukti otentik di atas maka dapat disimpulkan bahwa nomor seri pada uang ini yaitu 3016 merupakan nomor telepon bagian percetakan G Kolff & Co, bukan bagian toko bukunya atau bagian-bagian lainnya yang tidak berhubungan dengan percetakan uang tersebut. Satu misteri lagi dapat kita pecahkan, dan tulisan ini dapat terwujud berkat keterangan dari Jurnal Rupiah asuhan pak Adi Pratomo, disertai pinjaman dan dukungan tak ternilai dari pak Alim Sumana. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mereka berdua.


Jakarta 30 Agustus 2011



1 komentar:

Temukan Pengertian mengatakan...

sebuah uang kuno mempunyai cerita yang menarik..