Sabtu, 17 November 2012

54. Asli dan palsu

Pertanyaan dari seorang teman di Medan :

Salam kenal pak, Nama saya Faisal dari Medan, setelah saya membaca posting bapak di internet saya semakin tertarik dalam mengoleksi uang kuno. Saya sudah mulai mengoleksi sejak tahun 1995. Ada pertanyaan yang ingin saya tanyakan ke bapak yaitu bagaimana kita mengetahui bahwa koleksi uang kertas kuno dari seri Dai Nippon dan NICA kita asli atau tidak?

Jawab :
Memang sulit untuk mengetahuinya karena uang tersebut tidak memiliki pengaman yang memadai. Tidak ada watermark, tidak ada benang pengaman dan juga tidak ada kode pada nomor serinya sebagaimana yang kita jumpai pada uang ORI.

Salah satu cara terbaik adalah membandingkan dengan uang yang telah kita ketahui keasliannya. Perhatikan gambar di bawah :


Pecahan 100 Roepiah seri Dai Nippon


Perhatikan perbedaan antara uang yang ASLI (atas) dengan yang PALSU
Uang yang palsu dibuat seakan-akan adalah versi tanpa huruf yang berharga jauh lebih mahal, tetapi apakah memang benar demikian?
Untuk lebih jelas mari kita perbesar....



Bandingkan uang yang PALSU (kanan) memiliki gambar yang lebih kasar dibandingkan dengan yang ASLI (kiri).




Ternyata pada uang yang PALSU (kanan), huruf SK nya dihapus. Tampak samar-samar bekas hapusannya. Berarti uang ini sengaja dipalsukan sekaligus diubah variasinya sehingga seakan-akan menjadi variasi yang lebih mahal. Sudah pasti jenis palsu ini bukan tergolong "OLD FAKE" seperti yang sering ditulis oleh teman-teman penjual, melainkan jenis "NEW FAKE".
Hebat bukan??



Pecahan 2,5 Gulden seri Federal


Bila dibandingkan dengan yang ASLI (atas) maka akan tampak dengan jelas perbedaannya. Tetapi apakah anda bisa mengetahuinya bila tidak ada pembanding?



Pecahan 50 Gulden seri NICA


Perhatikan perbedaan uang yang ASLI (atas) dengan yang PALSU (bawah)



Uang yang palsu (kanan) memiliki gambar yang lebih kasar, selain itu coba perhatikan nomor serinya. Apakah pecahan 50 Gulden memiliki prefix H? Dan juga apakah ada variasi 6 angka? Variasi baru? Atau pemalsu kurang terlalu paham dengan aturan penomoran uang tersebut.



Pecahan 10 Roepiah seri Dai Nippon


Bagian depan 10 ROEPIAH DAI NIPPON ASLI (atas) dengan yang PALSU (bawah)



Bagian belakang ASLI (atas) dengan PALSU (bawah)


Mari kita perbesar agar lebih jelas :



Perhatikan perbedaannya antara yang asli (kiri) dengan yang palsu (kanan). Setelah diperbesar terlihat dengan jelas bahwa uang yang palsu memiliki gambar yang lebih kasar.
Demikian juga dengan pecahan-pecahan lainnya, variasi palsu biasanya memiliki corak dan gambar yang lebih kasar. Saya akan mencoba untuk mencari gambar-gambar lainnya, bila sudah ada tentu akan ditampilkan agar kita bisa belajar bersama. Untuk itu mohon bantuan teman-teman semua.

Pertanyaan 1 :

Menurut anda aslikah uang NICA 100 Gulden di bawah ini?
a. ASLI karena ada pengaman berupa titik-titik warna
b. PALSU walaupun ada pengaman berupa titik-titik warna
c. ASPAL, kertasnya asli karena ada pengaman tetapi nomor serinya palsu
d. Gak tau deh, emang gue pikirin


NICA 100 Gulden dengan titik-titik warna yang sangat jelas


JAWABAN :
Untuk memastikan, mari kita bandingkan uang di atas dengan pecahan yang telah kita ketahui keasliannya. Perhatikan gambar di bawah ini :

Bagian depan.
Bandingkan uang yang telah diketahui keasliannya (atas) yang tidak ada titik-titik warnanya dengan uang yang sedang kita bahas yang memiliki titik-titik warna sangat jelas.


Bagian belakang.
Perhatikan bahwa uang yang atas walaupun titik-titik warnanya telah memudar (kemungkinan telah di bersihkan) tetapi memiliki ketajaman gambar yang lebih baik dibandingkan uang yang di bawahnya.
Untuk jelasnya mari kita lihat gambar berikut....


Perhatikan dan bandingkan perbedaan detail dan ketajaman gambar dengan uang yang asli (kiri), tampak jelas perbedaannya bukan?

Berdasarkan gambar-gambar di atas maka jawaban yang tepat adalah :
b. PALSU, walaupun ada pengaman berupa titik-titik warna.


KESIMPULAN :
Keaslian uang tidak hanya bisa dilihat dari satu sisi saja. Jangan terpengaruh dari iklan yang menyatakan bahwa uang tersebut asli karena ada pengaman berupa titik-titik warna. Uang asli yang telah melalui proses pembersihan (washed) akan menghilangkan titik-titik warnanya, tetapi walaupun demikian uang tersebut tetaplah asli. Sebaliknya uang palsu, walaupun ada tititk-titik warna yang sangat-sangat jelas, uang tersebut tetap saja palsu.

Jadi untuk membedakannya harus diperhatikan secara keseluruhan termasuk kualitas dan ketajaman gambar, warna uang, nomor seri (termasuk warna, spasi, ukuran dan jenis font) serta jenis kertas yang digunakan termasuk kualitas, ukuran dan ketebalannya (uang palsu biasanya memiliki kertas yang lebih tebal). Dan jangan lupa perhatikan pula fitur keamanannya seperti benang pengaman, tanda air, rahasia atau kode nomor seri dan lain sebagainya.

NICA 100 Gulden palsu tersebut merupakan contoh uang palsu yang sangat baik, sangat mirip dengan aslinya sehingga membingungkan bila tidak dibandingkan dengan yang asli secara bersamaan. Karena itu terus pertajam kemampuan anda sehingga bisa membedakan uang asli dan palsu dengan hanya sekali pandang. Masalah baru timbul bila kita tidak memiliki pembanding, misalnya Coen 300 Gulden atau wayang 200 Gulden. Mudah-mudahan ada yang mau menyumbang pengalaman seputar penipuan uang-uang langka tersebut.

Pertanyaan 2 :

Dari ketiga uang di bawah ini yang palsu adalah nomor .......
a. Nomor 1
b. Nomor 2
c. Nomor 3
d. Nomor 1 dan 3
e. Tidak ada yang palsu
f. Tidak ada yang asli
g. Isi pilihan anda sendiri (karena para kolektor sangat kritis sehingga sering ada yang memiliki opsi yang berbeda)



Jawaban :
Bila saya tambahkan satu lagi uang Dai Nippon 100 Roepiah di atas uang-uang tersebut, maka dengan pasti anda akan langsung bisa menjawab.



Jawaban teman-teman adalah sbb:
b. (10%)
d. (70%)
f. (20%)

Jawaban yang benar adalah :
Tidak ada yang ASLI (f)

Bila tidak ada pembanding maka sangat sulit untuk mengetahui keaslian uang-uang tersebut. Jangan terpengaruh dengan terangnya warna seperti pada uang no 2, tetapi perhatikan ketajaman gambar.
Dengan adanya pembanding maka dengan mudah kita bisa mengetahuinya. Karena itu rekam baik-baik gambar uang yang asli di otak anda sehingga dengan hanya sekali pandang anda sudah bisa mengetahui perbedaannya.

Perhatikan baik-baik detail gambar uang yang ASLI (paling atas) bandingkan dengan uang-uang lainnya yang PALSU.
Apakah berbeda?


UANG PALSU BERKELIARAN DISEKELILING KITA
UNTUK MENGHINDARINYA, TELITI SEBELUM MEMBELI !!




5 komentar:

faisal fansyuri mengatakan...

terima kasih atas info nya pak..

faisal fansyuri mengatakan...

NOMOR 2 YG PALSU..

Nathania Trivina Novianti mengatakan...

semua palsu

Nathania Trivina Novianti mengatakan...

b. PALSU walaupun ada pengaman berupa titik-titik warna

temukan cara mengatakan...

terimakasih pak atas penjelasannya, sekarnag jadi lebih hati-hati dalam mengoleksi uang kuno