Rabu, 25 Januari 2017

64. Wayang 5 Gulden (bagian 1)

Kita semua pasti mengetahui uang ini, De Javasche Bank seri wayang pecahan 5 Gulden. Diterbitkan pertama kali tanggal 23 April 1934 dan memiliki 3 variasi tanda tangan yaitu :
a. Praasterink - Buttingha Wichers
b. JC van Waveren - Buttingha Wichers
c. RE Smits - Buttingha Wichers

Gambar utama menampilkan sesosok penari wayang Jawa (Javanese dancer) sedangkan bagian belakang terdapat lingkaran-lingkaran konsentris yang diapit 4 text undang-undang dalam bahasa Belanda, Jawa, Mandarin dan Arab.

Pecahan 5 Gulden seri wayang


Begitu seringnya kita melihat uang ini sehingga kadang-kadang kita hanya menganggapnya sebagai 'barang biasa' yang tidak perlu diperhatikan. Kita berlomba-lomba mencari yang berkondisi baik, tebus dengan harga yang lumayan tinggi, masukkan ke album dan ...... lupakan.........



Pelukis
Setiap uang kertas pasti ada pelukisnya, untuk seri wayang ini nama pelukis tercetak dengan jelas di bagian kanan bawah sisi belakang. 


FEC merupakan singkatan dari Fecit yang artinya adalah :

fecit Latin [ˈfeɪkɪt] 
(Fine Arts & Visual Arts / Art Terms) (he or she) made it: used formerly on works of art next to the artist's name Abbreviation fec

LION CACHET FEC. artinya uang ini digambar atau dilukis oleh LION CACHET.
Siapakah orang yang bernama lengkap Mr.Carel Adolph Lion Cachet ini?



Ternyata beliau adalah seorang seniman multitalenta asal Belanda yang sangat terkenal (28 Nov 1864 - 20 May 1945).  CA Lion Cachet banyak membuat rancangan furniture, batik, karpet, poster, lukisan dan tentu saja uang kertas. Selain melukis seri wayang, salah satu maha karyanya adalah uang kertas De Nederlansche Bank pecahan 100 Gulden 1944.

Bagian depan De Nederlansche Bank 100 Gulden 1944
Perhatikan tulisan LION CACHET FEC pada sudut kanan bawah 

Bagian belakang uang tersebut, perhatikan motif lingkaran di bagian tengah

  
 Motif berupa lingkaran-lingkaran konsentris yang merupakan ciri khas CA Lion Cachet 
Bandingkan bentuk tersebut dengan pecahan 5 Gulden seri wayang (kanan)


Proses Pembuatan
Dalam merancang uang kertas, pemilihan gambar utama sangat penting. Gambar tokoh utama wayang orang pada seri ini sangat hidup dan bagus sekali, begitu bagusnya sehingga lebih mirip hasil fotografi daripada lukisan. Dan memang benar, berdasarkan penelitian pada versi artist drawing milik seorang teman kolektor, ternyata gambar wayang pada seri ini merupakan foto yang digunting dan ditempel. Baru setelah itu digabung dengan lukisan latar belakangnya. Mari kita lihat perbandingan gambar di bawah :

Lukisan tangan asli pada variasi artist drawing seri wayang.
Tampak sangat kasar dan tidak menarik karena secara logika sulit bagi seorang asing untuk bisa melukis dan menjiwai dengan sempurna karakter seorang penari wayang.



 Gambar menjadi bagus dan hidup karena dipadukan dengan hasil fotografi
Perhatikan tanggal pembuatan 29 januari 1932 atau sekitar 2 tahun sebelum uang tersebut diedarkan.


Kesimpulan dari tulisan bagian pertama ini adalah :
1. Seri wayang dibuat oleh seorang seniman terkenal asal Belanda bernama Carel Adolph Lion Cachet yang ternyata juga banyak menghasilkan karya lain berupa uang-uang kertas Belanda.
2. Gambar tokoh utama yang begitu hidup ternyata dibuat dengan bantuan teknik fotografi yang dipadukan dengan lukisan tangan


Pada bagian kedua nanti akan dibahas pandangan pak Gatot, kurator museum Bank Indonesia sekaligus pemerhati wayang tentang siapa tokoh atau karakter wayang orang pada pecahan 5 Gulden ini. Bukan sembarang karakter wayang bisa ditampilkan di kertas uang seperti misalnya Hanoman atau Semar. Nanti bisa-bisa uang kita menjadi uang uka-uka Hanoman ngamuk.................

Apa jadinya kalau uang kita bergambar Hanoman ngamuk?



QUIZZ :
Dapatkah teman-teman menebak siapa nama tokoh wayang orang  yang terdapat pada pecahan 5 Gulden?
Kirim jawaban ke email arifindr@gmail.com, bagi satu orang yang pertama menjawab dengan benar akan diberikan gratis hadiah selembar poster wayang eksklusif berukuran besar (anda hanya perlu membayar ongkos kirim).
Seorang teman dari Batam, Riau bernama Raimon Syafril telah menjawab pertanyaan tersebut dengan benar.
Selamat ya, hadiah akan segera dikirim

Poster wayang berukuran A2 




Jakarta 24 Maret 2013
Kritik dan saran hubungi arifindr@gmail.com












1 komentar:

temukan cara mengatakan...

Artikel tentang uang kuno yang sangat menarik...