Minggu, 14 April 2013

Beberapa teman menanyakan tentang keberadaan pecahan 5 Gulden seri JP Coen yang bertandatangan Michielsen. Apakah benar variasi ini sedemikian langkanya sehingga bisa mengalahkan pecahan 1000 Gulden Praasterink? Mari kita buktikan.

Saya sendiri sudah beberapa kali mendapatkan tawaran variasi ini tetapi sayang belum cukup beruntung untuk memilikinya. Salah satu penawaran yang terdapat bukti secara tertulis adalah tawaran sekitar 1 tahun yang lalu. Si pemilik yang berasal dari Jawa Tengah hanya mau menjualnya secara borongan dengan total sebanyak 25 album berisi ribuan jenis uang kertas dan logam baik yang berasal dari negara kita maupun negara asing. Begitu banyaknya album yang ditawarkan sehingga si penjual membuat daftar atau list yang diketik rapi dan dijadikan buku setebal 50 halaman! Saya hanya melihat daftarnya saja tanpa melihat kondisi barang.

Contoh isi album ke 21

Album ke 21 berisi 135 keping uang perak Nederlands Indies pecahan 1/4 sd 1 Gulden dengan berbagai variasi tahun. Masing-masing jenis jumlahnya bisa sampai belasan keping.


Pada album no 1 menurut daftar terdapat pecahan 5 Gulden seri JP Coen dengan total semuanya sekitar beberapa puluh lembar. Yang menarik diantara uang-uang tersebut bila dilihat dari tanggalnya terdapat sekitar 5 lembar yang kemungkinan besar bertanda tangan Michielsen. 
Perhatikan tabel di bawah.




Menurut katalog Pick, tanda tangan Michielsen pada pecahan 5 Gulden JP Coen memiliki tanggal edar mulai 2 Januari 1929 sampai dengan 8 Mei 1929, waktunya cukup panjang yaitu sekitar 4 bulan. Para pakar berpendapat bahwa pecahan kecil seperti 5 Gulden seri JP Coen atau seri wayang dicetak sebanyak 10 prefix atau sekitar 100 ribu lembar perharinya sehingga bila ditotal sampai 4 bulan rasanya jumlahnya lumayan banyak. 

Perhatikan tabel di atas, prefix yang saya berikan garis merah (karena termasuk di dalam range tanggal katalog Pick) yang diduga merupakan tanda tangan Michielsen adalah :
US, UV, VE, VF dan VS. Bila diurutkan dari US sd VS maka akan ada setidaknya 25 prefix (tanpa Q).
Karena itu kelangkaan variasi ini menurut saya pribadi tidak sepadan bila dibandingkan dengan pecahan 1000 Gulden Praasterink yang hanya ada 2 prefix.

Masalahnya bukan berapa banyaknya uang ini dicetak tetapi berapa banyak yang tersisa sampai sekarang. Tabel di atas sudah membuktikan bahwa variasi ini bukannya tidak mungkin ditemukan, tetapi menunggu untuk ditemukan (oleh yang beruntung). 

Dengan penjelasan di atas sekarang pengetahuan kita menjadi bertambah, sehingga bila ada penawaran uang 5 Gulden seri JP Coen kondisi jelek, jangan langsung ditolak tetapi tanyakan tanggal serta prefixnya, jangan tanyakan tanda tangannya karena orang awam pasti tidak akan mengetahuinya. 
Bila ternyata termasuk di dalam salah satu data di atas .......segera diambil!!

Akhir kata penawaran 25 album uang tersebut saya tolak karena harga yang diminta cukup fantastis, yaitu 5 milyar rupiah, tidak sebanding dengan perhitungan saya yang cuma berkisar beberapa ratus juta rupiah. Saya sudah membujuk dengan berbagai cara agar dijual satuan dengan harga sangat bagus tetapi ditolak. Semoga akhirnya si pemilik mau menjual uang2 tersebut secara eceran sehingga JP Coen 5 Gulden Michielsen-nya bisa kita lelang disini.


Semoga bermanfaat
Salam numismatik


PS: Bagi anda yang suka bermain variasi, tahukah anda kalau pecahan 10 dan 25 Rupiah 1957 (manjangan dan badak) versi issued juga memiliki variasi?
Salah seorang teman mengaku pernah ditawarin variasi langka tetapi ditolak karena tidak mengetahuinya, sekarang menyesalpun percuma karena barang sudah lenyap entah kemana..
Apa variasinya?
Variasinya adalah issued note satu huruf......!! Bisa bayangkan kesulitannya?