Rabu, 25 Januari 2017

78. Security Printing Pura Group

Menurut situs Pura Group (id.puragroup.com) disebutkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Pura Group yang berkantor pusat di Kudus, Jawa Tengah telah tumbuh menjadi kelompok usaha yang terintegrasi dan terdiri dari berbagai jenis usaha seperti percetakan, pengepakan, pembuatan kertas uang, anti pemalsuan dan teknologi kartu elektronik. 


Untuk mempromosikan produknya yaitu kertas uang dan percetakannya, maka pada tahun 2013 yang lalu Pura Group mengeluarkan selembar Security Printing (SP) yang bernominal 30000 (tiga puluh ribu).

Security printing Pura Group dengan nominal 30000


SP ini memiliki kombinasi warna yang indah sekali, bagian depan gambar utama adalah  mesin cetak klasik era tahun 1840an yang dikembangkan oleh Stephen P Ruggles dan dikenal sebagai Platen Jobber. Sedangkan dibagian belakang bergambar gedung Pura Group yang berada di Kudus, Jawa Tengah. 
Mesin cetak Platten Jobber

SP ini sudah memuat fitur keamanan secara lengkap seperti benang pengaman dan watermark yang bergambar Johannes Guttenberg, penemu mesin cetak pertama di dunia.

 Watermark dan benang pengaman

Selain itu di kedua sisi kertas juga terdapat lingkaran kecil yang bila dilihat dengan lampu akan menyatu dan membentuk lambang Pura Group. Bentuk pengaman seperti ini sering disebut sebagai gambar saling isi atau Rectoverso.


 Pengaman berupa gambar saling mengisi atau rectoverso

Pengaman lain berupa tinta yang berpendar bila diletakkan di bawah lampu ultraviolet.

Bagian depan, tampak serat kertas serta tulisan Bank Pura yang berpendar keemasan 

Bagian belakang, serat kertas, mesin cetak dan lambang Pura Group yang berpendar terang


Dari hasil pengamatan tampak kalau SP ini dikerjakan dengan baik, memuat semua fitur keamanan terkini sehingga patut untuk disimpan bersama-sama dengan SP Perum Peruri lainnya. Sayang SP ini tidak diedarkan secara luas sehingga sangat sulit untuk ditemukan. 




Tidak ada komentar: