Rabu, 25 Januari 2017

89. Gambar belakang Rp1000 (1959)

PECAHAN 1000 RUPIAH 1959

Bagian belakang pecahan 1000 Rupiah 1959

Sebagian besar dari kita pasti tau tentang pecahan ini, 1000 Rupiah seri bunga burung tahun 1959. Seri yang indah ini dicetak oleh percetakan terkenal asal Inggris yaitu Thomas De La Rue. Pada bagian depan bergambar bunga melati dan bagian belakang bergambar burung. Yang jadi pertanyaan, apakah anda tau jenis burungnya dan dari mana asal gambarnya?

Mari kita perbesar gambar burung tersebut :




Bila diperhatikan dengan lebih teliti tampak kalau burung2 tersebut menyerupai burung cendrawasih, apakah benar? Dan dari mana sumber gambar2 tersebut? Ingat loh kalau uang ini dirancang dan dicetak nun jauh di Inggris sana. Mereka pasti memiliki sumber gambar yang bisa dijadikan acuan. 

Sekarang bandingkan kedua gambar di atas dengan gambar di bawah ini :



Bagaimana? Apakah mirip?
Rasanya bukan hanya mirip tetapi serupa. Hanya beda warnanya saja.
Ternyata sumber gambar dari uang tersebut adalah buku karangan seorang ahli burung (ornithologist) sekaligus ahli lukis terkenal asal Inggris yang bernama John Gould (4 September 1804 – 3 February 1881).   John Gould bersama isterinya membuat sangat banyak lukisan burung yang super indah dari berbagai negara dan diterbitkan dalam banyak jilid. 


John Gould


Sebagian dari buku hasil karyanya


Diantara lukisannya terdapat gambar burung cendrawasih Lesser Bird of Paradise yang dijadikan contoh oleh pelukis uang 1000 Rupiah seri bunga burung. Dan ternyata tidak hanya pada uang itu saja, mungkin sakin terkenalnya maka burung cendrawasih lukisan John Gould juga dipakai pada gambar perangko, bukan perangko negara kita tetapi perangko asal Oman cetakan tahun 1973. Coba perhatikan gambar di bawah : 


Gambar cendrawasih karya John Gould yang juga dipakai untuk perangko asal Oman
Kalau dipikir2 lucu juga ya, ada negara lain yang memakai gambar burung yang tidak ada di negaranya


Kesimpulan:
Uang seri bunga burung 1959, terutama pecahan 1000 Rupiah, dirancang dan diterbitkan oleh percetakan asal Inggris yang memakai sumber buku karangan ornithologist terkenal asal Inggris bernama John Gould. Tidak menutup kemungkian kalau gambar2 burung di pecahan lainnya juga diambil dari karyanya tersebut. Sayang buku- buku ini sudah sulit ditemukan sehingga kita tidak bisa membuktikannya. 

Sekali lagi, terbukti kalau para pelukis uang sangat memerlukan sumber gambar yang bisa dijadikan contoh. Dan kebetulan untuk pecahan ini contoh yang diambil berupa gambar dari pelukis terkenal Inggris, John Gould. Apakah Thomas De La Rue sudah membayar hak pakai lukisan tersebut? Dan apakah pada waktu itu sudah ada undang2 yang mengatur hal tersebut?  Karena bisa repot jadinya, kalau ternyata TDLR tidak memiliki hak pakai, 


 
Sebagian contoh hasil karya John Gould

Gambar burung pada pecahan2 lainnya :
Pecahan 5 Rupiah 1959 sangat mungkin bergambar burung kolibri
Pecahan 10 Rupiah 1959 bergambar burung kakatua
Pecahan 25 Rupiah 1959 bergambar burung bangau
Pecahan 50 Rupiah 1959 bergambar burung elang laut
Pecahan 100 Rupiah 1959 bergambar burung Rangkong atau Enggang
Pecahan 500 Rupiah 1959 bergambar ayam hutan dan
Pecahan 1000 Rupiah 1959 bergambar burung cendrawasih.
Semua burung2 ini terdapat di Indonesia tetapi baru satu saja yang bisa dibuktikan berasal dari buku karya John Gould.









1 komentar:

TJIANG mengatakan...

Untuk Proof RP.2500 ( 1959 )
kelihatannya adalah jenis burung Kuau Raja / Great Argus
( Argusianus argus )
https://ferrebeekeeper.wordpress.com/tag/pheasant
https://en.wikipedia.org/wiki/File:Descent_of_Man_-_Burt_1874_-_Fig_52.png