Rabu, 25 Januari 2017

97. Uang compliments



Dari seorang teman saya mendapatkan selembar uang Rupiah yang sangat menarik, yaitu uang kertas seribu Rupiah Danau Toba emisi tahun 1992.
Loh, bukankah itu uang biasa?


Tidak.
Bukan uang biasa.
Karena ditampilkan bukan dalam keadaan lembaran biasa, tetapi dalam bentuk uncut 2 lembar berikut folder. Untuk jelasnya mari kita lihat bersama :


Uang ini sangat istimewa, Disajikan dalam bentuk uncut 2 lembar tanpa ada tanda-tanda miscut, misprint atau cacat lainnya. Artinya, uang ini memang sengaja diedarkan dalam bentuk demikian.

Selain itu, ada lagi yang lebih istimewa.....
Tidak ada dua lembar uang kertas yang memiliki nomor seri sama kecuali tipe specimen atau misprint. Dan uang ini bukan keduanya, tetapi coba perhatikan nomor serinya yang sama dan serupa. Aneh bukan?

Uncut 2 lembar dengan nomor seri identik...
Semakin dilihat, semakin membuat bingung. Uang apakah ini? Jangan-jangan palsu.....

Karena itu mari kita teliti lebih lanjut untuk membuktikan keaslian uang aneh tersebut.

Watermark dan benang pengaman :

Sewaktu dihadapkan dengan cahaya terang (diterawang), tampak dengan jelas watermark bergambar pahlawan dari Aceh,  Tjut Njak Muthia di sisi kanan dan benang pengaman di sisi kiri. Mirip dengan uang yang sejenis lainnya.

Lampu UV
Bagaimana kalau uang ini kita hadapkan dengan lampu ultraviolet ?


Tampak dengan jelas pendaran tinta pada nomor serinya, pada benang pengamannya dan pada serabut kertasnya  yang bersinar dengan indahnya.

Dari kedua pengamatan tersebut, dapat disimpulkan kalau uang ini adalah ASLI.
ASLI sengaja dibuat dalam bentuk uncut dan bernomor seri sama.

Lalu pertanyaan selanjutnya, untuk tujuan apa uang ini dibuat demikian?


Bila hanya disajikan dalam bentuk lembaran itu saja, maka sudah jelas akan membingungkan kita. Tetapi untungnya uang ini tidak ditampilkan dalam bentuk "telanjang" seperti gambar di atas. Ada bajunya. Dan dari bajunya itulah kita justru jadi mengerti apa tujuan dibuatnya uang aneh tersebut.
Mari kita lihat bersama seperti apa bajunya :


Uang uncut bernomor seri kembar tersebut ternyata dilengkapi dengan baju berupa folder. Bagian depan bergambar Danau Toba dan bagian belakang bergambar gedung Peruri.



Di bagian depan folder terdapat judul :
WITH THE COMPLIMENTS OF CENTRAL BANK OF INDONESIA AND PERUM PERURI
yang artinya uang ini sengaja dicetak bukan untuk diedarkan atau dijual, tetapi untuk diberikan sebagai hadiah atau kenang-kenangan. Pertanyaan berikutnya, untuk siapa hadiah yang istimewa ini?  
Untuk itu mari kita baca tulisan di bagian tengah folder :
XII PACIFIC RIM BANKNOTE PRINTERS CONFERENCE

Dengan demikian jelaslah tujuan uang ini dicetak. Ternyata untuk dibagikan sebagai hadiah kenang-kenangan dalam rangka konferensi percetakan uangkertas se Pasific ke 12 yang diadakan di Australia pada tahun 1995.

Dengan sedikit search di internet kita bisa menemukan bukti bahwa konferensi ini memang benar ada dan diadakan setiap 2 tahun sekali. Bahkan Indonesia pernah menjadi tuan rumahnya pada tahun 1983 (konferensi ke 6) dan sekali lagi pada tahun 2013 (yang ke 20).

Rupanya pada konferensi ke 12 yang diadakan di Australia, Peruri dan BI sengaja membuat uang ini untuk dibagikan sebagai hadiah kepada para peserta konferensi tersebut. Tentu saja jumlah yang dicetak sesuai dengan jumlah pesertanya sehingga yang tersisa disini dapat dipastikan tidak banyak lagi. Sangat beruntung saya bisa mendapatkan salah satunya.

Dengan rasa penasaran saya meneliti nomor seri kembarnya,  INA121195.  Tentu angka2 tersebut bukan dicetak sembarangan, tetapi pasti ada maksudnya. Dan maksudnya pasti bukan sesuatu yang sulit, yang sukar untuk ditebak. Nomor seri ini sengaja dibuat demikian agar si penerima bisa dengan mudah mengetahui maksudnya. 
INA adalah singkatan untuk negara kita INDONESIA
12 untuk konferensi yang ke 12
1195 untuk bulan dan tahun konferensi berlangsung yaitu pada bulan November 1995.

Dengan demikian tuntas pembahasan uang yang unik ini.  Kesimpulan yang bisa diambil adalah : 
Uang ini memang asli, dicetak dalam jumlah terbatas mungkin hanya puluhan set dan dibagikan sebagai hadiah kepada para peserta konferensi ke 12 percetakan uangkertas se Pasifik  yang diadakan di Australia pada bulan November 1995.
Menarik bukan?

Ternyata dunia numismatik luar biasa dalamnya, banyak sekali uang2 kertas aneh yang tidak tercantum di dalam katalog manapun di dunia. Uang ini hanya salah satu contohnya, tidak menutup kemungkinan pada acara2 lain juga dicetak uang2 aneh yang dibagikan sebagai hadiah untuk pesertanya. 



Jakarta 28 Juli 2016
Kritik dan saran hubungi arifindr@gmail.com





  



















Tidak ada komentar: